Resep Terbaru Manisan Kolang-Kaling Khas Betawi Enak Kenyal Ala Cafe & Resto

Artikel Terkait Resep Cemilan
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Manisan Kolang-Kaling Khas Betawi Enak Kenyal
Resep Manisan Kolang Kaling Khas Betawi Kenyal
Manisan adalah salah satu makanan yang sangat disukai oleh semua kalangan masyarakat di Nusantara. Rasa kenyal dan segar adalah ciri khas dari manisan ini, buah kolang kaling dijadikan sebagai pilihan. Resep manisan yang kami bagikan kali ini adalah ciri khas dari Betawi, cara membuat  manisan kolang kaling yang dicampurkan dengan sirup rasa jeruk dan rasa cocopandan yang menyegarkan selau menghiasi meja makan sehari-hari, biasanya buah kolang kaling ini gampang dicari dipasar-pasar tradisiaonal saat menjelang puasa, sebagai makanan pembuka diwaktu berbuka puasa.

Kolang kaling sangat banyak manfaat bagi kesehatan karena memiliki kadar air sangat tinggi yang dapat membantu memperlancar kerja saluran pencernaan manusia serta bagus  juga sebagai makanan diet.     
 
Bahan-bahan :
  • Kolang kaling - 1 kg dicuci bersih lalu rendam dengan air kapur sirih sehari-semalam
  • Gula pasir - 150 gram
  • Daun pandan - 2 lembar
  • Perasan jeruk lemon - 1 buah
  • Vanili - 1 bungkus kecil
  • Vla pandan - 1 sendok makan (secukupnya)
  • Esen jeruk - 1 sendok makan (secukupnya)
  • Esen pandan - 1 bungkus kecil
  • Air - 600 ml
  • Sirup rasa jeruk - 50 ml
  • Sirup rasa cocopandan - 50 ml
Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Khas Betawi Kenyal :
  1. Siapkan panci, tuangkan air serta masukkan vanili, gula pasir, daun pandan dan perasan jeruk lemon lalu aduk sampai tercampur rata dan masak sampai mendidih. 
  2. Masukkan kolang kaling yang sudah dibersihkan tadi, didihkan sebentar lalu angkat. 
  3. Kolang kaling yang sudah direndam tadi lalu bagi dua bagian, masing-masing diberi pewarna satu (1 ) diberi warna hijau, dua (2) diberi warna jeruk (esen jeruk ) kemudian masing-masing diberi sirup yang sudah jadi ( memakai sirup rasa jeruk dan rasa cocopandan). 
  4. Setelah kolang kaling tercampur dan warnanya meresap lalu simpan dilemari es supaya lebih segar dan keluarkan dari lemari es kemudian siap disajikan.


Jangan lupa baca lagi konten resep masakan lainnya, semoga artikel resep masakan cafe dan restoran di blog ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda yang mau belajar memasak. Anda juga bisa memanfaatkan resep-resep masakan dari kami untuk membuat menu tambahan di cafe anda, atau buat anda yang ingin membuka cafe, anda bisa gunakan resep makanan dan minuman dari kami :)
Selain masakan yang umum, kami juga membagikan resep masakan kekinian 2020 ala cafe dan resto, masakan kekinian pastinya adalah masakan populer di cafe-cafe ataupun resto, anda bisa belajar dan membaca bahan-bahan membuatnya pada kategori resep makanan dan minuman di bagian samping blog ini. Salam..

Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :