4 Perbedaan Roasting Dan Baking, Struktur Makanan Hingga Metodenya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Roasting dan baking merupakan dua teknik memasak dengan teknik pengolahan makanan panas kering. Namun, keduanya mempunyai beragam perbedaan, misalnya dari struktur makanan nan dibuat.

Pada dasarnya roasting adalah memanggang daging di udara terbuka, namun sekarang, roasting juga dilakukan di dalam oven seperti baking. Berikut penjelasan mengenai perbedaan roasting dan baking.

Apa Itu Roasting?

Roasting adalah metode memasak di mana udara panas mengelilingi makanan dan memasaknya secara merata di semua sisi. Mengutip laman Redmill, dalam teknik ini, makanan bisa dipanggang di atas api terbuka, oven alias sumber panas tambahan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Makanan seperti daging, sayuran keras alias nan mempunyai tekstur padat dimasak dengan teknik ini. Setelah dipanggang, makanan seperti daging dan sayuran bakal mempunyai rasa nan meningkat melalui karamelisasi.

Apa Itu Baking?

Baking juga merupakan metode memasak nan biasanya dilakukan dalam oven. Menurut laman Pediaa, biasanya, baking digunakan untuk memasak makanan seperti roti, pai, hingga kue kering.

Baking seringkali digunakan untuk makanan nan tidak mempunyai struktur padat. Namun, setelah dipanggang, makanan ini bakal berubah menjadi struktur nan kokoh. Meski begitu, potongan daging mini utuh, daging cinciang, hingga daging dengan isian juga melalui teknik masak baking.

Perbedaan Roasting dan Baking

Perbedaan roasting dan baking dapat dilihat dari struktur makanan, tujuan, dan suhu pemanggangannya. Sehingga, dapat umumnya, perbedaan antara roasting dan baking.

1. Struktur Makanan

Roasting: Digunakan untuk makanan dengan struktur padat. Contohnya seperti daging dan sayuran

Baking: Digunakan untuk makanan nan tidak mempunyai struktur padat. Contohnya, kue kering dan daging cincang.

2. Tujuan

Roasting: Memindahkan panas dari permukaan makanan ke bagian dalam dengan kecepatan konstan.

Baking: Memastikan makanan nan beragi mengembang

3. Suhu Pemanggangan

Roasting: Ketika dipanggang dalam oven, roasting memerlukan suhu lebih tinggi ialah di atas 400 derajat Fahrenheit alias sekitar 204, 4 derajat Celsius untuk proses memasak.

Baking: Baking dilakukan dengan suhu oven nan lebih rendah, ialah sekitar 375 derajat Fahrenheit ke bawah alias sekitar 190,5 derajat Celsius.

4. Metode

Roasting: Secara tradisional, roasting dilakukan di atas api terbuka, meski sekarang ada juga nan melakukannya di oven.

Baking: Baking biasanya dilakukan di dalam oven.

Itulah sejumlah perbedaan antara roasting dan baking. Semoga info ini berfaedah ya.

Simak Video "Ciptakan Resep Unik Penuh Kreasi Bersama Chef Yongki Gunawan"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/row)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food