Bukan Diamplas, Ini Trik Hilangkan Karat Menahun Pada Pisau Agar Tajam Kembali Pakai 1 Bahan Dapur

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
Bukan diamplas, ini trik hilangkan karat menahun pada pisau agar tajam kembali pakai 1 bahan dapur

Instagram/@jesep.ardin

Kincaimedia - Karat pada pisau seringkali menjadi masalah serius di dapur. Bukan tanpa sebab, karat pada pisau membikin tampilan perabot satu ini jadi tampak kusam. Selain itu, karat juga bikin pisau susah digunakan alias apalagi tumpul, sehingga mengurangi efektivitasnya dalam memotong.

Untuk mengatasi pisau berkarat, ada beberapa metode nan bisa digunakan. Salah satu metode nan sering digunakan adalah dengan menggosok pisau menggunakan amplas. Selain membantu menghilangkan karatnya, amplas juga bisa membikin pisau kembali tajam, lho.

Namun alih-alih menggosoknya dengan amplas, ada metode lain nan bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Seorang pengguna IG @jesep.ardin pernah membagikannya lebih lanjut melalui salah satu video nan diunggah. Dia mengaku hanya menggunakan bahan dapur untuk menghilangkan karat di pisau.

Dilansir BrilioFood pada Kamis (25/4), bahan dapur nan dimaksud adalah jeruk nipis. Yup! Jeruk nipis dinilai bisa membantu merontokkan karat dan membikin pisau kembali tajam. Bahkan karat nan menahun juga bisa luntur dengan satu bahan dapur ini.

Namun agar lebih mudah dibersihkan dengan jeruk nipis, ada sejumlah tahapan nan kudu dilakukan terlebih dahulu. Hal pertama nan kudu dilakukan adalah membakar pisau di atas api kompor. Bakar sampai pisau betul-betul panas secara merata, ya.

Bukan diamplas, ini trik hilangkan karat menahun pada pisau agar tajam kembali pakai 1 bahan dapur

foto: Instagram/@jesep.ardin

Selanjutnya, siapkan gelas dan isi dengan air panas sampai penuh. Barulah kemudian masukkan pisau nan sudah dibakar tadi ke dalam gelas berisi air panas. Diamkan selama beberapa saat sampai pisau dan air dalam gelas jadi dingin. Hal ini bakal membikin karat pada pisau mulai lunak dan mudah dibersihkan, nantinya.

Bukan diamplas, ini trik hilangkan karat menahun pada pisau agar tajam kembali pakai 1 bahan dapur

foto: Instagram/@jesep.ardin

Jika sudah dingin, ambil pisaunya, lampau gesek permukaan nan karatan dengan potongan jeruk nipis. Karena sudah lunak, karat di pisau jadi mudah luntur saat digosok. Lakukan proses ini sampai pisau betul-betul bersih. Barulah kemudian bilas pisau dengan air mengalir.

(brl/psa)

Selengkapnya
Sumber Temukan Makanan Terbaik
Temukan Makanan Terbaik