Tips Menyeduh Dan Menikmati Teh Menurut Ahli, Gunakan Teko

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Teh seringkali diseduh hangat-hangat di pagi hari. Seringkali teh juga dibuat dingin sehingga begitu menyegarkan.

Meski sering dibuat, namun rupanya ada perihal nan perlu diperhatikan saat menyeduh teh agar racikannya terasa lebih enak. Hal ini diungkap oleh mahir teh berjulukan Jane Malyon. Lantas, gimana caranya?

Jane Malyon mempunyai perusahaan nan menjual beberapa ragam bingkisan teh, scone, selai, dan sandwich. Dia juga sudah mencoba ratusan jenis teh. Berikut tips menyeduh teh darinya:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Gunakan Teko

Cara menyeduh teh bukan dengan menuangkan air panas ke cangkir. Teh bakal lebih lezat jika dibuat di dalam teko, baik nan terbuat dari alumunium alias tanah liat.

Menurut Jane ini bukan soal hasil akhir, tapi ritual dalam pembuatan teh. Mengutip The Sun, membikin teh dengan langkah ini pun bakal membikin rasanya lebih lezat juga.

Jane menyarankan terlebih dulu memanaskan teko berisi air sebelum merebus daun teh. Sebelum air mendidih, masukkan daun teh. Jangan tunggu sampai mendidih untuk mencegah daunnya melepuh.

2. Jangan Rebus Air Kembali

Kesalahan umum nan dilakukan orang Inggris menurut Jane adalah merebus kembali air dari teko nan sudah direbus.

"Setelah direbus, oksigennya bakal menghilang dan rasanya tak bakal sama dengan air tawar."

Jane juga melarang memanaskan kembali minuman ini di dalam microwave. Selain itu memanaskan kembali dengan ketel listrik juga tidak disarankan.

3. Masukkan Susu di Akhir

Teh dapat diminum secara langsung ataupun ditambahkan beberapa bahan lainnya seperti susu. Menurut Jane, susu tidak boleh dimasukkan terlebih dahulu.

"Banyak orang suka memasukkan susu terlebih dulu dan mengungkap rasanya berbeda." kata Jane.

"Tapi sampai Anda menambahkan susu, Anda tidak bakal tahu seberapa kuat tehnya," lanjutnya.

4. Jangan Celupkan Biskuit ke Teh di Situasi Formal

Tips berikut ini bukan tentang menyeduh teh, tapi langkah menikmatinya. Banyak nan memperdebatkan apakah mencelupkan biskuit ke teh boleh dilakukan? Jane membolehkannya, tapi hanya di situasi non formal.

"Anda tidak boleh melakukannya di tempat nan mewah," kata Jane

Mengutip Metro, mencelupkan biskuit ke teh menjadi salah satu aktivitas nan dianggap tidak sopan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mencelup makanan ke teh menjadi perihal nan dilarang di kantor, terutama jika dilakukan saat rapat alias pertemuan.

Hasil studi menunjukkan bahwa satu dari lima orang Inggris tidak suka saat rekan kerja mencelupkan biskuit ke teh. Meski begitu, secara umum sebanyak 71 persen orang suka menyantap biskuit dengan langkah ini.

Itulah beberapa tips menyeduh dan menikmati teh dari ahlinya. Semoga berfaedah untukmu pecinta teh!

Simak Video "Melihat Kedai Teh Unik Berkonsep Retro di Batam"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/row)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food