Resep dan Cara Memasak Ayam Kampung Ungkep (Bumbu Geprek)

Artikel Terkait Resep Cemilan
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Masakan dan Cara Memasak dari Bunda Aisyah -

Kemaren aku udah berhasil dengan resep ayam serundeng, tapi menurut aku itu sedikit ribet harus siapin bumbu ulek, belom kelapanya,  belom goreng ayamnya,  terus goreng kelapanya.. Lala.. Lala,  ribet tapi terbayar sama rasanya πŸ˜‡

Pengen yang gak ribet,  tapi rasa tetep kece banget πŸ‘Œ nih ada satu lagi,  yang nyesel kalo gak coba. Resep ayam ungkep kali ini aku gak pake acara bumbu ulek2 ya,  terus rasanya gimana?  Gak gimana-gimana, enak aja yang ada πŸ˜€..

Seriusan ini gak pake bumbu ulek,  semua pure bumbu geprek,  hemat tenaga dan hemat waktu ⌚. Aku pakai ayam kampung, rasanya lebih gurih dan yummy πŸ‘ Yuk, cantik, kita mulai aja masaknya 😍

Waktu memasak: 45 menit
Porsi: 12 potong

Bahan:
πŸ— 1 ekor ayam kampung,  potong 12 Biji (dupotongin mamang tukang ayam nya.. Gak harus 12 potong ya,  cuman ukuran kaya aku bumbu nyerep banget.. Maknyoooss)
πŸ— 4 sdt garam (atau sesuai selera)
πŸ— 2000 ml (atau sampai ayam terendam semuanya)

Bumbu geprek:
πŸ— 4 ruas jahe
πŸ— 4 ruas lengkuas
πŸ— 4 ruas kunyit
πŸ— 2 siung bawang putih
πŸ— 2 lembar daun salam
πŸ— 1 buah serai

Cara:
πŸ— Cuci bersih ayan,  masukan ke dalam panci,  masukan semua bumbu geprek dan garam,  lalu tambah air hingga ayam terendam.
πŸ— Ungkep ayam pada api sedang,  hingga air menyusut. Setelah air habis,  angkat ayam dan sisihkan. (Aku memakan waktu setengah jam untuk proses ini,  karena ayam kampungnya masih muda,  jadi lumayan empuk)
πŸ— Panaskan minyak untuk menggoreng, goreng ayam di atas api sedang hingga kecoklatan.  (Kalau tidak digoreng semua,  bisa disimpan di wadah dan masukan di kulkas,  ketika perlu bisa langsung goreng sewaktu-waktu)
πŸ— Resep ayam kampung ungkep siap disajikan.

Pelengkap:
🍲 tumis-tumisan,  πŸ˜Tempe Tahu goreng, dll


Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :