Ikan Mujair Awalnya Bukan Ikan Air Tawar, Ini Fakta Menariknya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Ikan mujair selama ini dikenal sebagai ikan air tawar nan terkenal di Indonesia. Ternyata ikan berdaging gurih ini diketahui berasal dari laut Afrika.

Jenis ikan nan terkenal di Indonesia ada beragam, dibedakan berasas tempat hidupnya, air tawar maupun air laut. Salah satu ikan air tawar nan terkenal adalah ikan mujair.

Beberapa kebenaran menarik mengenai ikan mujair dibagikan oleh netizen Twitter (X) berjulukan Asta Ebrahim @jellypastaa (17/4/2024). Ia menyebut jika rupanya asal-usul ikan mujair berasal dari laut Afrika.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut kebenaran menarik tentang ikan mujair:

1. Asal-usul Ikan Mujair

ikan mujairikan mujair Foto: Istimewa

Ikan mujair nan mempunyai nama ilmiah Oreochromis mossambicus ini rupanya berasal dari laut Afrika. Ikan ini juga dikenal dengan nama tilapia.

Asalnya dari laut Afrika, tetapi ikan ini jadi ikon ikan tawar di Indonesia. Karena ada sosok Mbah Moedjair nan membudidayakannya di dalam air tawar.

Awalnya, Mbah Moedjair nan bekerja sebagai ahli pengatur air irigasi di Desa Papungan, Kanigoro, Blitar, ini sedang berpergian ke Pantai Selatan. Kemudian, dia berjumpa dengan segerombolan ikan nan menyimpan anaknya di mulut mereka.

Tertarik dengan ikan tersebut, akhirnya Mbah Moedjair membawanya pulang dan dilepaskan ke dalam air tawar. Upaya membudidayakannya gagal, tapi terus dicoba oleh Mbah Moedjair sampai percobaan ke-10.

Kemudian, ikan itu sukses berkembang biak dengan telur nan banyak. Nama ikan lampau diubah dari tilapia menjadi ikan mujair nan diambil dari nama Mbah Moedjair.

Simak Video "Mengintip Kafe Seni Bernuansa Picasso di Irak"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food