Di Festival Gethuk Magelang Bisa Jajan Gethuk Lindri Hingga Gethuk Krispi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Magelang -

Mulai hari ini (26/4) hingga Minggu (28/4), di Magelang bakal ada aktivitas seru buat foodies. Festival Gethuk dimeriahkan oleh perwakilan 9 kabupaten/kota.

Beberapa tahun vakum lantaran pandemi Covid-19, Festival Gethuk kembali digelar oleh pemerintah kota Magelang. Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Sugeng Priyadi mengatakan aktivitas itu digelar di Magelang nan selama ini sudah dikenal sebagai Kota Gethuk.

Sugeng mengatakan getuk memang aslinya dari Magelang dan telah terbukti dari beberapa catatan sejarah. "Yang namanya kota gethuk itu hanya Magelang. Ini sudah tertuang ada manuskrip, ada di Serat Centini, beragam manuskrip bahwa sudah ada gethuk di tahun 1800-an," kata Sugeng, Kamis (25/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Getuk lindriGethuk diyakini berasal dari Magelang. Foto: iStock

Adapun pagelaran itu bakal digelar selama tiga hari di Alun-alun Magelang sejak Jumat (26/4) sampai Minggu (28/4). Acara puncak berupa Grebek Gethuk bakal digelar pada hari terakhir.

Dalam Festival Gethuk tersebut pihaknya bakal mengundang beberapa kabupaten nan juga mempunyai tradisi kuliner gethuk.

"Dari beragam wilayah itu untuk bersama-sama mengeksplorasi produk gethuk. Jadi ini ada sembilan kabupaten/kota nan bakal ikut di dalam pagelaran getuk," katanya.

Resep Getuk Singkong PelangiVarian gethuk pelangi nan cantik. Foto: Detikfood

Daerah tersebut beberapa diantaranya adalah Kabupaten Sragen dengan gethuk sinden, Banyumas dengan gethuk Sokaraja, Karanganyar dengan gethuk tape, Kabupaten Magelang dengan gethuk lindri dan Klaten dengan gethuk krispi.

Artikel ini sudah tayang di detikjateng dengan titel "Festival Gethuk Kembali Digelar di Magelang, Catat Tanggalnya!"

(adr/adr)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food