20 Manfaat Daun Salam, Herbal Yang Mengandung Antioksidan

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Daun salam alias Eugenia polyantha merupakan tanaman nan menyimpan banyak kegunaan. Aroma daun salam nan unik sering dimanfaatkan sebagai bahan penyedap beragam masakan.

Tak hanya untuk memasak, tanaman herbal ini diketahui juga mengandung sejumlah faedah bagi kesehatan. Apa saja faedah daun salam? Yuk, simak pembahasannya sampai habis.

Kandungan Daun Salam

Mengutip dari laman verywellfit.com, berikut info seputar kandungan dalam daun salam sebagaimana dijelaskan oleh USDA (United States Department of Agriculture):

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

  • 6 kalori
  • 0,2 mg lemak
  • 0,4 gram sodium
  • 1,4 gram karbohidrat
  • 0,5 gram serat
  • 0,1 gram protein
  • 0,8 gram unsur besi
  • 2,2 mg magnesium
  • 5,6 mikrogram vitamin A

20 Manfaat Daun Salam bagi Tubuh

Melihat kandungannya tadi, tak heran daun salam merupakan tanaman herbal nan dikenal dengan segudang manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Adapun faedah daun salam nan dirangkum dari laman verywellfit, betterme.world, dan draxe.com adalah sebagai berikut:

1. Sumber Antioksidan

Daun salam terbukti mengandung flavonoid, proanthocyanidin, dan sifat antioksidan nan membantu menangkal radikal bebas.

2. Melindungi Tubuh dari Bakteri dan Mikroba

Daun salam juga mempunyai sifat antimikroba nan bisa melindungi tubuh dari beragam bakteri. Antimikroba dan antibakteri ini dapat melawan kuman penyebab jangkitan seperti Salmonella typhimurium, Escherichia coli, hingga Klebsiella pneumonia.

3. Membantu Pengobatan Kanker

Penelitian menemukan bahwa ekstrak daun salam berpotensi menghalang pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Karena itu, daun salam dijadikan sebagai pengganti pengobatan alami untuk beragam jenis kanker.

4. Mengontrol Penyakit Diabetes

Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi kapsul daun salam dapat menurunkan kadar gula darah dan kadar kolesterol. Selain itu, konsumsi daun salam secara teratur dikatakan bisa mengurangi akibat penyakit glukosuria apalagi penyakit kardiovaskular.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan senyawa masam caffeic dan senyawa rutin dalam daun salam berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Senyawa rutin berfaedah memperkuat tembok kapiler jantung dan ekstremitas tubuh. Sementara itu, masam caffeic membantu menghempaskan kadar LDL alias kolesterol jahat dari sistem kardiovaskuler.

6. Meredakan Inflamasi

Berikutnya, daun salam mempunyai kandungan linalool dan parthenolide nan berkarakter anti inflamasi. Kedua senyawa ini berfaedah untuk meredakan iritasi dan kemerahan pada kulit.

7. Mencegah Tanda Penuaan

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, daun salam merupakan tanaman herbal nan kaya antioksidan. Dengan menetralisir radikal bebas, antioksidan bakal membantu menjaga kekenyalan kulit dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan awal di wajah seperti kerutan dan garis halus.

8. Menghempaskan Ketombe

Selanjutnya, daun salam mengandung sifat antijamur nan efektif melawan ketombe sekaligus menyehatkan kulit kepala.

9. Melancarkan Pencernaan

Pada daun salam, ditemukan senyawa organik nan mengandung enzim. Senyawa ini secara keseluruhan berfaedah untuk membantu meredakan sakit perut, mencegah timbulnya batu ginjal, mengurangi kembung, melancarkan buang air mini serta melawan kuman penyebab maag.

10. Meredakan Batuk

Daun salam juga rupanya berguna sebagai obat batuk alami, lho. Hal ini lantaran daun salam mengandung sifat antitusif nan dapat meredakan batuk membandel. Jika sedang batuk, coba deh meminum teh daun salam alias menghirup aroma minyak esensial daun salam dari diffuser.

11. Mengurangi Stress dan Kecemasan

Daun salam tidak hanya berfaedah untuk kesehatan fisik, tetapi juga membantu mengurangi rasa stress dan resah nan menumpuk. Kandungan daun salam dapat memberikan pengaruh menenangkan dan menurunkan tingkat hormon stress, apalagi jika digunakan sebagai aromaterapi.

12. Meredakan Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat lantaran sedang flu alias pilek? Daun salam bisa membantu meredakannya. Dengan unsur kamper dan eucalyptol, tanaman herbal satu ini dapat membantu mengencerkan lendir dan dahak membandel nan mengganggu pernapasan.

Selain faedah nan telah disebutkan di atas, selama bertahun-tahun daun salam mempunyai beberapa kegunaan unik lainnya. Berikut contohnya:

  • Minuman teh herbal untuk menyehatkan pencernaan.
  • Membantu pengobatan sakit kepala dikombinasikan dengan kayu manis, pala, dan minyak zaitun.
  • Membantu pengobatan sengatan lebah dan tawon.
  • Minyak pijat untuk meringankan rasa nyeri.
  • Obat alami untuk meredakan demam.
  • Membantu mengusir serangga.
  • Obat topikal untuk meredakan bengkak dan nyeri rematik.
  • Wewangian dan semprotan untuk mengharumkan ruangan.

Nah, itu dia pembahasan seputar daun salam dan segudang manfaatnya nan luar biasa. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan detikers semua.

Simak Video "Kuliner Hidden Gem Dekat Canggu: Gurihnya Bebek Goreng Rempah"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food