7 Beda Minyak Wijen Putih Dan Hitam Untuk Masakan: Rasa Hingga Penggunaannya

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Selain bijinya, wijen juga bisa diambil minyaknya. Karena beragam kelebihannya, minyak wijen sering digunakan untuk beragam masakan.

Di pasaran, detikers mungkin bakal menemukan dua varian, ialah minyak wijen putih dan hitam. Apa sih beda minyak wijen putih dan hitam? Simak tulisan ini untuk mengetahui 7 perbedaannya, mulai dari rasa, nutrisi, hingga penggunaannya pada masakan.

Beda Minyak Wijen Putih dan Hitam

Dirangkum dari situs Oh Chin Hing dan Kodgav, inilah beda minyak wijen putih dan hitam:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Rasa

Dari rasanya, minyak wijen putih lebih terkesan ringan, pedas, dengan rasa unik wijen nan halus. Sementara minyak wijen hitam mempunyai rasa nan sangat pedas dan aromatik, dengan rasa unik wijen nan lebih pekat.

2. Asal Daerah

Dilihat dari bahan alias biji wijennya, keduanya berasal dari tempat nan berbeda. Biji wijen putih lebih umum ditemukan di Afrika dan Amerika Selatan.

Sementara biji wijen hitam lebih banyak ditemukan di negara-negara Asia, terutama Asia Tenggara. Beberapa negara penghasil wijen hitam adalah Myanmar, India, dan Cina.

3. Proses Pembuatan dan Warna

Minyak wijen putih terbuat dari biji wijen mentah nan belum dipanggang, sehingga menghasilkan minyak wijen nan berwarna bening dan kuning pucat. Makanya minyak ini juga disebut minyak wijen ringan.

Sementara minyak wijen hitam dibuat dari biji wijen hitam nan disangrai. Minyak nan dihasilkan berwarna gelap, nyaris hitam, alias kuning tua.

4. Titik Asap

Titik asap minyak wijen putih relatif rendah, sehingga membuatnya ideal untuk disiramkan di atas hidangan nan sudah jadi.

Sementara titik asap minyak wijen hitam lebih tinggi dari minyak wijen putih, sehingga cocok untuk menumis dan menambahkan rasa nan kuat pada masakan.

5. Nutrisi

Nutrisi dari minyak wijen putih antara lain mengandung antioksidan, lemak sehat, dan sejumlah nutrisi krusial lainnya.

Minyak wijen hitam pun mengandung antioksidan, dan terkenal dengan faedah kesehatan potensial, seperti peningkatan kesehatan jantung dan menyehatkan kulit.

6. Manfaat bagi Kesehatan

Dalam perihal kesehatan, wijen hitam lebih unggul lantaran berfaedah untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi, masalah mata, rambut, serta membantu menjaga sistem keimunan tubuh.

Sedangkan biji wijen putih adalah pilihan nan baik untuk memberikan perlindungan kulit dan juga melancarkan buang air besar.

7. Penggunaan

Penggunaan minyak wijen putih dan hitam tergantung pada preferensi setiap orang dan masakannya.

Minyak wijen putih lebih serbaguna, cocok sebagai bahan tambahan untuk masakan nan sudah jadi, saus salad, dan hidangan beraroma ringan.

Karena rasanya nan sangat kuat, minyak wijen hitam sangat cocok untuk menambahkan dimensi nan kaya dan pedas pada masakan, terutama pada masakan Asia.

Nah, itulah tadi beda minyak wijen putih dan hitam untuk masakan, mulai dari rasa, nutrisi, hingga penggunaannya.

Simak Video "Serba Olahan Sup Ikan Terjangkau di Restoran Ikan Chi Yu Ba"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/inf)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food