Makan Yogurt Tiap Hari, Apakah Menyehatkan Pencernaan?

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Yogurt kerap dikonsumsi untuk sarapan, lantaran dapat menyehatkan sistem pencernaan dan baik untuk diet. Apakah bisa dikonsumsi setiap hari?

Yogurt merupakan makanan sehat nan terbuat dari susu fermentasi dengan campuran dua jenis bakteri, ialah lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus. Karena terbuat dari susu, makan ygurt tinggi protein.

Tak heran jika yogurt terutama yogurt tawar sangat baik dikonsumsi untuk sarapan. Karena memberikan faedah nan baik untuk sistem pencernaan, membikin perut kenyang, dan melunturkan lemak.

Dilansir dari Delish (10/4), Jessica Cording, seorang mahir diet menyebut jika faedah kesehatan ini lantaran kandungan nutrisinya. "Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan kalsium, vitamin B-12, riboflavin, potasium, dan fosfor," jelasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

4 Manfaat Yogurt, Makanan nan Dianjurkan Nabi Muhammad SAW4 Manfaat Yogurt, Makanan nan Dianjurkan Nabi Muhammad SAW Foto: iStock

Kandungan proteinnya juga tinggi. "Seporsi yogurt dapat mengandung hingga 16 gram (protein), tergantung jenis dan mereknya, selain itu juga diperkaya dengan vitamin D," katanya.

Kim Yawitz, seorang mahir diet juga menjelaskan jika kandungan probiotiknya dapat membantu dalam mengoptimalkan keseimbangan antara mikroorganisme baik dan jahat pada usus.

"Mengonsumsi probiotik ini dapat membantu mencegah jangkitan usus. Meringankan indikasi sindrom iritasi usus besar dan mengurangi akibat kanker usus besar," ungkapnya.

Ternyata nilai gizi yogurt secara spesifik bisa berbeda-beda tergantung pada jenis dan merek yogurt. Menurut Yawitz, sebagian besar kuman sehat alami dalam yogurt sebenarnya meninggal saat yogurt dipasteurisasi.

Namun, Yawitz mengatakan banyak produsen menambahkan lebih banyak kuman probiotik setelah yogurt dipasteurisasi. Hanya jenis yogurt nan diperkaya ini nan betul-betul berfaedah bagi kesehatan usus.

Selain itu, nutrisi dari setiap yogurt sangat bervariasi tergantung pada seberapa banyak gula nan ditambahkan. "Banyak orang terkejut saat mengetahui bahwa yogurt rasa buah nan tampaknya tidak rawan mengandung tambahan gula nan sama banyaknya dengan seporsi es krim," kata Yawitz.

Jadi, yogurt baik dikonsumsi setiap hari asalkan memperhatikan jenisnya. Pilih yogurt nan kandungan protein tinggi dan rendah gula, seperti Greek Yogurt. Konsumsi yogurt tanpa tambahan pemanis alias gula.

Simak Video "Serba Olahan Sup Ikan Terjangkau di Restoran Ikan Chi Yu Ba"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food