5 Cara Memanfaatkan Air Kelapa, Untuk Bikin Kopi Hingga Tahu Tempe Bacem!

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Air kelapa tidak hanya bisa diminum begitu saja, tetapi juga dimanfaatkan sebagai bahan racikan minuman alias makanan. Mulai dari kopi hingga tahu dan tempe.

Air kelapa mengandung vitamin dan mineral, termasuk potassium, kalsium, dan masam amino. Minuman ini dikenal sangat menyehatkan, dapat menghidrasi tubuh dan bisa dimanfaatkan untuk beragam tujuan.

Air dari buah ini memang sangat cocok diminum langsung dengan rasa manis alami nan menyehatkan. Namun, ada banyak langkah lain dalam memanfaatkan air ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Air kelapa juga bisa dijadikan bahan racikan minuman hingga ditambah ke dalam pembuatan tahu, tempe, hingga nasi beraroma.

Jika Anda punya air kelapa di rumah, coba manfaatkan sebagai racikan 5 makanan ini!

1. Campur dengan kopi

Manfaat air kelapaAir kelapa bisa dicampur ke dalam kopi dan menjadi racikan nan enak. Foto: Shutterstock/

Kombinasi air kelapa dengan kopi dikenal cocok lantaran air kelapa mempunyai profil rasa nan manis dengan sentuhan rasa gurih, berpadu dengan rasa kopi nan kaya dan kuat.

Selain dari segi rasa, menambahkan air kelapa ke dalam kopi bisa menjadi langkah hidrasi nan nikmat. Mengingat kopi adalah minuman berkarakter diuretik, sehingga jika diminum sendiri secara berlebihan, bisa menyebabkan dehidrasi.

Jumlah air kelapa nan perlu Anda tambahkan ke dalam kopi sebenarnya tergantung preferensi masing-masing. Kamu bisa mencoba dengan takaran berbeda.

Kamu bisa menambahkan segelas air kelapa ke dalam espresso nan kental. Kombinasi ini pun bakal membantu meningkatkan daya instan dan rasa manis alami, serta kaya bakal vitamin C, lapor goodhousekeeping.com (28/07).

2. Perasa tambahan untuk nasi

Manfaat air kelapaAir kelapa juga bisa dimasukkan ke dalam nasi dan membikin nasi lebih beraroma. Foto: Shutterstock/

Selain menambahkan santan alias parutan daging kelapa, Anda juga bisa memanfaatkan air kelapa untuk membikin nasi nan enak.

Paduan nasi dan air kelapa bakal memberi rasa nan berbeda dari nasi nan dimasak dengan air biasa. Air kelapa memberi rasa ringan dan aroma wangi pada nasi.

Hasil nasi nan dimasak dengan air kelapa inipun dikenal cocok dipadukan dengan hidangan, seperti kari pedas alias seafood beraroma.

Manfaat air kelapa untuk makanan lainnya bisa dilihat pada laman selanjutnya!

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food