Cara Membuat Susu Kedelai Di Rumah, Nggak Perlu Beli

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Jakarta -

Susu kedelai merupakan minuman terkenal nan kaya gizi. Ingin minum susu kedelai tapi malas membeli di minimarket alias supermarket? Tenang saja, susu susu kedelai bisa dengan dibuat sendiri di rumah.

Cara Membuat Susu Kedelai

Dikutip dari kitab 38 Inspirasi Usaha Makanan dan Minuman untuk Home Industry karya Yuyun A, langkah membikin susu kedelai secara umum adalah:

  1. Kulit ari kacang kedelai nan telah kering dikupas lebih dulu
  2. Kacang kedelai kemudian dihancurkan dengan blender, jika susah bisa dibantu air secukupnya
  3. Selanjutnya, kacang kedelai nan sudah hancur disaring hingga tersisa sari
  4. Sari kedelai tersebut kemudian direbus hingga matang dan ditambah perasa jika perlu
  5. Setelah betul-betul matang, susu kedelai bisa disantap dalam kondisi panas alias dingin.

Perasa dapat diberikan jika susu kedelai dirasa terlalu tawar alias punya aroma nan kurang sedap. Perasa biasanya terdiri dari gula, garam, daun pandan, dan bahan lain misal vanili alias kayu manis.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Manfaat Susu Kedelai

Selain lezat dan mudah dibuat, susu kedelai mengandung sejumlah nutrisi nan berfaedah bagi kesehatan. Berikut 5 faedah susu kedelai sebagaimana dijelaskan dari laman Livestrong.

1. Sumber protein

Susu kedelai nan kaya protein sangat direkomendasikan untuk diminum saat sedang diet. Menurut National Institutes of Health, protein dalam kedelai berpengaruh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, kedelai juga mengandung 9 masam amino nan dibutuhkan untuk diet.

2. Mengandung Kalsium dan Zat besi

Sebanyak 301 miligram kalsium terkandung dalam satu gelas susu kedelai tanpa pemanis. Sedangkan, dalam 1 porsi susu kedelai terdapat sebanyak 1,1 miligram unsur besi nan membantu meningkatkan kegunaan pembuluh darah merah.

3. Meningkatkan Vitamin B2 dan Vitamin B12

Tak hanya sebagai sumber protein, susu kedelai juga kaya bakal kandungan vitamin B2 dan vitamin B12 nan dapat membantu produksi DNA, kegunaan sel darah merah, dan berfaedah dalam menjaga kesehatan saraf.

4. Meminimalisir akibat kanker payudara

Berdasarkan sebuah studi oleh International Journal of Epidemiology pada Februari 2020 lalu, kandungan dalam susu kedelai dikatakan efektif dalam mencegah akibat kanker payudara.

5. Tidak menimbulkan ketidakseimbangan hormon

Beberapa pendapat menyebut bahwa kandungan phytoestrogen dalam susu kedelai berakibat negatif pada keseimbangan hormon. Namun, pendapat ini telah dibantah oleh sebuah kajian mengenai kesuburan dan kemandulan, dengan mengatakan bahwa kacang kedelai tidak berpotensi meningkatkan level testosteron.

Nah itu dia ulasan langkah membikin susu kedelai simpel beserta penjelasan faedah dari susu kedelai untuk kesehatan. Selamat mencoba membikin minuman di rumah ya, detikers.

Simak Video "Laksan Khas Palembang nan Cocok Jadi Menu Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food