5 Tips Praktis Simpan Bumbu Giling Di Rumah, Dijamin Awet!

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Mereka nan kegemaran masak kerap menyimpan ramuan giling sebagai stok. Agar awet, bahan ini kudu disimpan dengan benar. Caranya bisa ikuti 5 tips ini!

Chef rumahan pasti mempunyai bahan-bahan masakan nan komplet. Mulai dari bahan makanan nan tetap utuh maupun rempah-rempahan nan sudah dihaluskan.

Terkadang, mereka telah menyiapkan bahan-bahan ini dengan stok cukup banyak agar bisa dipakai beberapa kali dalam masakan berbeda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, stok bahan masakan ini tentu tidak bakal lenyap dalam satu waktu. Pasti perlu disimpan terlebih dulu untuk dipakai keesokan harinya. Proses penyimpanan ramuan inilah nan perlu diperhatikan.

Jangan biarkan rempah, khususnya nan sudah dihaluskan menjadi lama alias busuk. Untuk menjaganya agar tetap awet, bisa ikuti 5 tips ini dari slurrp.com (17/04).

1. Pakai plastik ziplock

Tips simpan ramuan gilingPlastik ziplock bisa digunakan untuk menyimpan bumbu-bumbu dapur. Foto: Getty Images/fcafotodigital

Kantung alias plastik ziplock dapat digunakan untuk menyimpan dan menjaga makanan tetap segar dalam waktu lama.

Ini merupakan metode nan sangat umum untuk memperpanjang umur simpan bahan tertentu. Tidak hanya berfaedah untuk makanan padat, tetapi juga dapat berfaedah menyimpan makanan seperti kuah kaldu.

Kantung ziplock menjadi pilihan nan tepat dan lebih murah daripada kudu membeli wadah rapat udara nan mahal.

Namun, Anda perlu memastikan kantung ziplock tidak berlubang alias sobek di sisi manapun. Jika ada nan sobek, lebih baik langsung diganti agar tujuan awal tercapai.

2. Tambahkan garam

Kopi kombinasi garamGaram bisa ditambahkan ke dalam ramuan giling agar lebih awet. Foto: Getty Images/iStockphoto

Tips lainnya ialah menambah garam ke jahe, bawang putih, alias rempah-rempahan lain. Cara ini baik untuk memastikan rempah-rempahan tersebut tidak mudah rusak.

Menambahkan garam ke makanan telah menjadi tradisi antik untuk memperpanjang umur simpan makanan tertentu,

Kamu cukup menambahkannya sediikit. Jika Anda mau memperpanjang umur simpan jahe alias bawang putih nan sudah dicincang halus, selain garam, bisa juga menambah sedikit minyak.

Meskipun tidak memperpanjang umur simpan secara signifikan, tetapi dapat berfaedah dalam mencegah pembusukan secara instan.

Jika berencana menyimpannya dalam freezer, penambahan garam ini bisa mencegah ramuan lembut alias kasar itu menjadi padat seperti es.

Tips lain nan bisa dilakukan untuk membikin ramuan giling awet dapat dilihat pada laman selanjutnya!

Simak Video "Kuliner Hidden Gem Dekat Canggu: Gurihnya Bebek Goreng Rempah"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food