Apakah Boleh Suami Istri Muslim Makan Sepiring Berdua?

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Suami istri bakal tampak selaras jika makan sepiring berdua. Namun, apakah perihal ini diperbolehkan dalam Islam? Ini penjelasannya!

Memiliki rumah tangga nan selaras merupakan angan semua orang. Allah SWT pun menyukai perihal tersebut. Keharmonisan dalam berumah tangga telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dalam kisahnya, Nabi Muhammad SAW selalu bersikap romantis terhadap istrinya dalam segala kegiatan, termasuk saat makan bersama. Nabi sering makan sepiring berdua dengan istrinya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, ada pandangan nan berbeda dari sebagian masyarakat nan meyakini bahwa tradisi makan sepiring berdua antara suami istri adalah perihal nan dilarang dan dianggap 'pamali'.

Hukum suami istri makan sepiring berduaHukum suami istri makan sepiring berdua Foto: iStock

Melalui YouTubenya (20/06/22) Buya Yahya menjelaskan bahwa suami istri nan makan sepiring berdua adalah perihal nan indah. Bahkan jika perlu sembari bersuap-suapan.

"Islam mengajarkan keelokan dalam segala hal, termasuk dalam rumah tangga. Tak hanya soal ranjang, romantis juga kudu diperlihatkan ketika makan bersama," tuturnya.

"Saat bercengkrama, saat berdialog, saat makan juga. Kalau boleh suap-suapan. Jadi makan sepiring berdua alangkah indahnya," jelas Buya Yahya lebih lanjut.

Buya Yahya pun menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah minum satu gelas dan tepat di jejak bibir istrinya, Aisyah. Jadi, makan suami istri makan sepiring berdua sah-sah saja.

Hukum suami istri makan sepiring berduaHukum suami istri makan sepiring berdua Foto: iStock

Mengenai pandangan masyarakat nan menganggap 'pamali', Buya Yaya berpandangan bahwa itu hanya kepercayaan masyarakat saja. Bukan soal makan sepiring berdua, tetapi lebih ke kepercayaan di mana suami tidak boleh pergi ke dapur.

Sementara dalam aliran Islam, sangat menganjurkan suami untuk membantu istri masak di dapur. Namun, urusan ini biasanya berangkaian dengan perintah orang tua.

"Jika kasus pelarangan tersebut disampaikan oleh orang tua, sebaiknya jangan langsung melawan. Sebab bagaimanapun kita tidak boleh melakukan tidak sopan dengan orang tua," ujar Buya Yahya.

Simak Video "Libur Panjang, Warga Sukabumi Bikin Lomba Mukbang Milk Bun 1,5 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food