Apakah Bulu Babi Halal? Begini Jawaban Serta Manfaat Mengkonsumsinya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Bulu babi alias landak laut berbentuk bundar dan mempunyai duri di kulitnya. Hewan ini kaya bakal gula, garam dan masam amino, sehingga ketika dimasak mempunyai rasa manis asin umami.

Kandungan protein nan dimiliki seperti protein, serat, mineral dan Beta Karotennya didapat dari makanannya, ialah rumput laut. Mengutip laman Food Print, bulu babi juga kaya bakal vitamin C dan vitamin A dan masam lemak omega 3.

Hingga sekarang mungkin tetap banyak nan bertanya-tanya apakah hewan ini legal alias tidak? Kenapa harganya mahal? Apa saja faedah kesehatan nan didapat ? Ini jawabannya

Apakah Bulu Babi Halal?

Bulu babi alias landak laut seringkali ditemui di restoran Jepang. Menurut laman Have Halal with Travel, bulu babi halal, karena makhluk ini dianggap sebagai makanan laut nan boleh dikonsumsi oleh umat Islam. Hal ini tercantum dalam Al Qur'an:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

اُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهٗ مَتَاعًا لَّكُمْ وَلِلسَّيَّارَةِۚ وَحُرِّمَ عَلَيْكُمْ صَيْدُ الْبَرِّ مَا دُمْتُمْ حُرُمًاۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْٓ اِلَيْهِ تُحْشَرُوْنَ ۝٩٦

Artinya: Dihalalkan bagi Anda hewan buruan laut dan makanan (yang berasal dari) laut sebagai kesenangan bagimu, dan bagi orang-orang nan dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) hewan buruan darat selama Anda dalam keadaan ihram. Bertakwalah kepada Allah nan hanya kepada-Nya Anda bakal dikumpulkan.

Kenapa Bulu Babi Sangat Mahal?

Bulu babi dijual dengan nilai nan mahal. Bukan tanpa alasan, perlu melewati beragam proses nan tak mudah untuk menghidangkannya.

1. Tidak Semua Bulu Babi dapat Dimakan

Bulu babi memang tidak terancam punah, namun tidak semua spesiesnya bisa dimakan. Mengutip The Coldwire, seringkali, bulu babi nan bisa dimakan hanya ada di wilayah tertentu.

Saat nelayan menangkap beragam jenis bulu babi, haya beberpa di antaranya nan bisa dimakan. Padahal penangkapannya memerlukan banyak tenaga.

Hidangan bulu babi sangat terkenal di Jepang. Banyak permintaan makana lezat ini, namun pasokannya tidak mencukupi. Sehingga harganya mahal.

2. Dagingnya Tidak Melimpah

Setelah memecahkan bagian luar bulu babi nan keras, tidak banyak daging di dalamnya. Mungkin, Anda hanya mendapatkan beberapa sendok daging dar setiap bulu babi.

Jadi, butuh banyak bulu babi untuk dikonsumsi. Hal tersebut membikin nilai satuan hewan ini sangat tinggi.

3. Proses Menyiapkannya Tidak Mudah

Menyiapkan dan memasak bulu babi tidaklah mudah. Setiap hewannya perlu dipecah menjadi dua dengan hati-hati dan kuat. Proses ini menyantap waktu dan tenaga.

Bulu babi juga hanya bisa ditangkap pada waktu-waktu ertentu dalam setahum. Setelah ditangkap, hewan ini kudu dikirim dan dikonsumsi dalam waktu kurang lebih lima hari.

4. Rasanya Enak

Bulu babi mempunyai rasa nan begitu lezat. Ada lima pangkas daging nan disebut "telur bulu babi". Tekstunya lembut dan lembek sehingga terasa seperti melelh di mulut. Cita rasanya pun begitu unik dan sayang untuk dilewatkan.

Manfaat Bulu Babi untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya, mengkonsumsi bulu babi dapat memberikan banyak faedah bagi kesehatan. Berikut di antaranya.

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Asam lemak omega 3 nan ada dalam bulu babi bisa berfaedah bagi kesehatan otak. Mengutip laman Fact, kandungan ini mendukung kegunaan kognitif dan mengurangi akibat penurunan mental.

2. Mendukung Kesehatan Mata

Adanya kandungan antioksidan dan masam lemak omega-3 pada bulu babi bisa menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, nutrisi tersebut juga dapat mencegah degenerasi makula mengenai usia.

Menurut Cleveland Clinic, degenerasi makula adalah penyakit mata yanf mempengaruhi penglihatan sentral. Sehingga, penderitanya tidak bisa memandang barang di depannya secara langsung.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Rendahnya kadar kolesterol dan masam lemak omega-3 pada bulu babi berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Caranya ialah dengan mengurangi peradangan dan menjaga tekanan darah nan sehat.

Menurut Universitas Maine, bulu babi merupakan sumber masam lemak omega-3 nan baik dengan sedikit kalori, serupa dengan banyak ikan berlemak, seperti salmon. American Heart Association pun menyatakan bahwa masam lemak omega-3 menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung dan stroke.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bulu babi kaya bakal antioksidan dan vitamin nan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh pun terlindungi dari penyakit.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat dalam bulu babi dapat mencegah sembelit dan mendukung pergerakan usus nan teratur. Sehingga memakannya dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Bulu babi kaya bakal kalsium, magnesium dan mineral krusial lainnya. Hal ini membuatnya dapat menjaga kekuatan dan kesehatan tulang.

7. Mencegah Anemia Defisiensi Besi

Zat besi sangatlah krusial untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Hewan berduri ini mengandung unsur besi dalam jumlah cukup nan membantu mencegah anemia defisiensi besi.

8. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Bulu babi kaya bakal sumber vitamin C. Tak hanya mendukung kesehatan kekebalan tubuh, antioksidan ini juga dapat meningkatkan kesehatan kulit.

9. Mendukung Fungsi Tiroid

Bulu babi mengandung yodium. Mengutip laman British Dietetic Association, yodium merupakan mineral nan krusial bagi kesehatan. Nutrisi ini menjadi bagian krusial dari hormon tiroid nan dibutuhkan, seperti proses pertumbuhan, metabolisme, dan perkembangan otak bayi selama kehamilan dan awal kehidupan.

Itulah jawaban mengenai kehalalan bulu babi, argumen harganya nan mahal dan manfaatnya untuk kesehatan. Apa Anda mau mencoba makanan laut ini?

Simak Video "Fakta-fakta Makan Jengkol Bikin Ginjal Rusak, Benarkah?"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/row)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food