5 Peralatan Makan Dan Buku Resep Antik Ini Harganya Puluhan Miliar!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Penggemar peralatan antik rela bayar mahal untuk bisa membeli koleksi. Berupa peralatan makan sampai kitab resep berhistoris ini.

Banyak peralatan antik nan berumur puluhan sampai ratusan tahun mempunyai nilai jual nan tinggi. Meskipun tampilannya sudah usang dan jelek. Kebanyakan peralatan antik mempunyai nilai sejarah alias kisah di baliknya nan membikin peralatan tersebut menjadi sasaran para kolektor peralatan antik.

Salah satunya peralatan makan antik, rupanya banyak orang rela mengeluarkan banyak duit untuk bisa membeli peralatan makan tersebut. Ada juga nan menjual kitab resep milik selebriti ternama sampai piring kertas jejak musisi legendaris.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari beragam sumber (26/04), berikut lima peralatan antik nan dijual dengan nilai puluhan miliar rupiah.

1. Piring Kertas Bekas Kurt Cobain

5 Peralatan Makan dan Buku Resep Antik Ini Harganya Puluhan Miliar!5 Peralatan Makan dan Buku Resep Antik Ini Harganya Puluhan Miliar! Foto: Site News

Kurt Cobain merupakan penyanyi sekaligus gitaris dari band aliar grunge, Nirvana. Nirvana merupakan band nan fenomenal dari tahun 90an, hingga sekarang. Sayangnya, Kurt meninggal setalah bunuh diri.

Karena itu banyak penggemarnya nan terus mengumpulkan barang-barang sisa peninggalannya. Beberapa waktu nan lalu, salah satu peralatan milik Kurt laku terjual. Tapi kali ini nan dilelang adalah piring kotor jejak dia makan pizza.

Piring kertas nan sudah lusuh ini mempunyai tulisan tangan original sang mendiang, berisi lagu-lagu nan bakal dia tampilkan di salah satu club pada tahun 1990. Sebelum tampil, Kurt sempat menyantap dua pangkas pizza di piring kertas itu. Harga perkiraannya sekitar $1000 - $2000 (Rp 16,2 juta - Rp 32,4 juta).

2. Teko Teh Antik

5 Peralatan Makan dan Buku Resep Antik Ini Harganya Puluhan Miliar!5 Peralatan Makan dan Buku Resep Antik Ini Harganya Puluhan Miliar! Foto: Site News

Iseng membersihkan penyimpanan saat lockdown, family di Inggris ini tak sengaja menemukan teko teh nan mempunyai nilai hingga miliaran rupiah. Padahal mereka kira awalnya teko teh ini merupakan peralatan loak nan tak berharga.

Setelah diteliti rupanya teko teh antik ini diklaim berasal dari periode Qianlong (1735-1799). Teko teh berwarna kuning berasal dari abad 18 di China, lantaran nilai sejarahnya nan tinggi teko teh ini kisaran harganya di atas satu miliar.

Ada 8 kolektor nan mengincar teko teh ini, akhirnya teko teh ini sukses terjual di nomor £390,000 (Rp 7,9 miliar). Memang belum jelas kenapa teko teh berhistoris dari China ini bisa berasal dari Inggris, tapi kemungkinan teko teh ini beranjak saat perang dunia.

3. Mangkok Antik

5 Peralatan Makan dan Buku Resep Antik Ini Harganya Puluhan Miliar!5 Peralatan Makan dan Buku Resep Antik Ini Harganya Puluhan Miliar! Foto: Site News

Banyak barang antik nan ditemukan di toko peralatan loak. Terutama barang-barang nan berasal dari China. Seperti mangkuk berwarna putih nan tampak biasa, tapi rupanya usianya sudah mencapai 300 tahun.

Kisahnya berasal dari seseorang membeli mangkuk ini dengan nilai USD 3 (Rp 48 ribu). Bagian dalam mangkuk ini polos dengan guratan mini sebagai hiasannya.

Awalnya sang pembeli ini menganggap bahwa mangkuk itu biasa saja. Kemudian dia mulai tertarik mempelajari sejarah dibalik mangkuk itu. Ternyata mangkuk itu berasal dari Dinasti Song di China. Harganya ditaksir mencapai USD 2,2 juta (Rp 35,6 miliar), di New York.

Simak Video "Asam Pedas Ikan Sayur Asin ala Restoran Milik Nagita Slavina"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food