9 Cara Membersihkan Gayung Lumutan Dan Berkerak, Praktis Pakai Bahan Di Dapur

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
9 Cara membersihkan gayung lumutan dan berkerak, praktis pakai bahan di dapur

foto: YouTube/Chef koplak Channel

Kincaimedia - Gayung merupakan salah satu peralatan nan cukup krusial di rumah. Pasalnya perangkat nan terbuat dari bahan plastik ini kerap dipakai saat mandi. Karena dipakai nyaris setiap hari, gayung pun perlu dibersihkan secara rutin agar tampilannya tetap bersih dan nyaman digunakan. Namun meski sudah dicuci pakai air alias sabun, terkadang tetap saja ada noda nan menempel pada permukaan gayung.

Noda tersebut bisa berasal sisa sabun nan menempel. Jika tidak segera dicuci, noda tersebut lama-kelamaan bisa mengerak. Selain timbul kerak, gayung dari bahan plastik juga rentan ditumbuhi lumut lantaran kondisinya nan lembap. Kalau sudah begini, gayung jadi licin dan kurang nyaman dipakai.

Sejumlah orang pun mencoba membersihkan gayung nan lumutan dan berkerak dengan bahan tambahan, seperti gula pasir, garam, cuka, hingga sabun cuci piring. Lantas seperti apa langkah-langkahnya? Yuk, simak 9 cara membersihkan gayung lumutan dan berkerak nan dihimpun BrilioFood dari beragam sumber pada Selasa (23/4).

1. Dicuci pakai gula pasir, garam, dan cuka.

9 Cara membersihkan gayung lumutan dan berkerak, praktis pakai bahan di dapur

foto: YouTube/Chef koplak Channel

Kamu bisa meniru langkah membersihkan gayung nan ditunjukkan oleh pengguna YouTube Chef koplak Channel. Ia mengganti baking soda dengan tiga bahan dapur lain.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Chef koplak Channel, tiga bahan dapur nan dipakai adalah gula pasir, garam, dan cuka makan. Pertama, masukkan 4 sdm cuka dan 1 sdm gula pasir ke dalam mangkuk kecil.

Sebelum diaduk, tambahkan 2 sdm garam sebagai campuran pembersihnya. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur sempurna. Kalau sudah, ambil sehelai tisu makan lampau celupkan ke dalam larutan pembersih.

Kalau sudah, baru oleskan tisu ke seluruh permukaan gayung. Tanpa perlu disikat kuat, seluruh kerak di gayung langsung rontok semua. Noda kerak pun langsung beranjak menempel di permukaan tisu.

Agar bersih maksimal, jangan lupa usap bagian samping gayung dengan tisu juga, ya. Tanpa keluarkan tenaga ekstra, seluruh noda kerak pun langsung terangkat sempurna.

Gayung tinggal dibilas pakai air bersih lampau siap untuk dipakai seperti biasa. Nggak perlu cemas lagi, lantaran seluruh kerak sudah lenyap tak tersisa. Air di dalam gayung pun tak bakal terkontaminasi kotoran.

2. Dioles pakai cuka.

9 Cara membersihkan gayung lumutan dan berkerak, praktis pakai bahan di dapur

foto: YouTube/2021ide channel

Sebenarnya tetap ada trik lain nan bisa dicoba untuk menghempas lumut nan membandel di gayung. Trik tersebut pernah dibagikan oleh pengguna YouTube 2021ide channel, lho. Usut punya usut, dia hanya mengandalkan 1 bahan dapur untuk membersihkannya. Bahan dapur nan dipakai adalah cuka.

Pertama-tama, siapkan gayung nan bakal dicuci. Siapkan juga cuka dan sebuah kapas. Lalu, tuangkan beberapa tetes cuka ke kapas. Barulah kapas tersebut dioleskan ke gayung nan berlumut.

"Ini sudah mulai terlihat ya, baru ditempelkan saja lumutnya sudah mulai luntur ya. Mudah sekali terangkat," ucapnya.

Pengguna YouTube tersebut terus mengolesi cuka ke bagian dalam gayung nan berlumut. Jika sudah bersih, bilas gayung dengan air sampai betul-betul bersih.

Tak hanya itu, pengguna YouTube tersebut juga mengelap bagian gayung nan sudah dibilas dengan menggunakan kapas nan kering. Setelah dilap bersih, gayung pun sudah bisa digunakan lagi. Tampilannya pun kembali cerah dan bersih.

(brl/tin)

Selengkapnya
Sumber Temukan Makanan Terbaik
Temukan Makanan Terbaik