10 Minuman Dan Makanan Yang Dilarang Saat Haid

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Haid merupakan pendarahan nan secara teratur dari lapisan dalam rahim. Setiap wanita bakal mengalami situasi nan berbeda saat haid. Sebagian merasa sakit, namun ada juga nan biasa saja.

Karena itu, menjaga kesehatan saat menstruasi sangatlah penting. Perlu diketahui ada sejumlah minuman nan dilarang saat haid, lantaran bisa memperburuk kondisi tubuh. Wanita bisa sementara menghindarinya, alias hanya mengonsumsi sedikit.

Minuman nan Dilarang Saat Haid

Ada beberapa minuman nan bisa menyebabkan kembung, kram perut, dan mengganggu keseimbangan hormon saat haid. Berikut daftarnya

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Kopi

Minuman berkafein sebaiknya dihindari ketika dalam masa menstruasi. Mengutip Healthline, kafein bisa menyebabkan retensi air dan rasa kembung.

Selain itu, kandungan ini juga bisa menyebabkan timbulnya masalah pencernaan. Jika Anda mengalami diare saat menstruasi, kurangi asupan kopi untuk menghentikannya.

2. Alkohol

Alkohol pada umumnya bakal menimbulkan sejumlah pengaruh negatif pada tubuh. Minuman ini juga bisa memperburuk indikasi menstruasi.

Contohnya, alkohol bisa membikin tubuh dehidrasi, sehingga memperburuk sakit kepala dan menyebabkan kembung. Alkohol juga dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare dan mual.

Mengutip The Practo, alkohol juga bisa menyebabkan ketidakteraturan menstruasi dan meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Hal tersebut bisa memperburuk indikasi menstruasi.

3. Minuman Berkarbonasi

Minuman bersoda bisa menyebabkan perut kembung. Meski minuman ini mungkin bakal baik-baik saja jika diminum di luar menstruasi, tapi efeknya bisa membikin kram menjadi dahsyat di masa menstruasi.

4. Susu

Susu merupakan minuman menyehatkan dan menjadi bagian utama dari diet seimbang. Tapi, terlalu banyak meminum produk berbasis susu ketika menstruasi bisa menyebabkan kram menstruasi memburuk.

Banyak produk olahan susu seperti yoghurt dan smoothies juga dibuat dengan pemanis buatan. Hal ini bisa menimbulkan pengaruh samping akibat mengkonsumsi gula selama menstruasi.

5. Minuman Manis

Minuman nan manis dapat berefek pada perubahan suasana hati ketika menstruasi. Sehingga mood bisa memburuk ketika menstruasi.

"Ini bakal meningkatkan gula dan kemudian turun saat haid. Jadi, bakal ada lonjakan dan penurunan nan bisa memperburuk suasana hati selama menstruasi," kata master mahir endokrinologi di New York Dr. Salas-Whalen.

Makanan nan Perlu Dihindari saat Haid

Selain minuman, ada sejumlah makanan nan juga sebaiknya dihindari saat haid. Berikut di antaranya:

1. Makanan nan Mengandung Lemak Jenuh

Banyak bukti nan mengungkapkan bahwa lemak jenuh dapat berakibat jelek bagi kesehatan. Hal ini pun tidak baik dikonsumsi saat menstruasi lantaran bisa menyebabkan peradangan dan membikin kram menstruasi semakin parah.

2. Daging Merah

Daging merah dapat membikin kram menstruasi lebih hebat. Selama menstruasi, tubuh memproduksi prostaglandin. Senyawa ini membantu rahim berkontraksi dan menghilangkan lapisan rahim, sehingga melancarkan aliran menstruasi.

Namun, kadar prostaglandin nan tinggi menyebabkan kram. Meski daging merah mengandung unsur besi tinggi, terdapat kandungan prostaglandin nan tinggi dan kudu dihindari selama menstruasi.

3. Makanan Pedas

Banyak orang nan merasakan perutnya sakit ketika makan makanan pedas. Jadi, jika perutmu susah mentoleransi makanan peda,sebaiknya hindari makanan tersebut selama menstruasi.

4. Makanan Mengandung Banyak Natrium

Mengkonsumsi banyak garam bakal menyebabkan retensi air nan bisa membikin kembung. Untuk menghindarinya, jangan tambahkan garam pada makanan dan hindari makanan olahan nan mengandung banyak natrium

5. Makanan Mengandung Banyak Gula

Tak hanya minuman manis, makanan nan mengandung banyak gula juga perlu dihindari saat menstruasi. Mengonsumsi terlalu banyak gula bisa menyebabkan lonjakan daya nan diikuti dengan penurunan energi. Hal ini juga bisa memperburuk mood.

Itulah deretan minuman nan dilarang saat menstruasi juga makanan nan sebaiknya dihindari. Konsumsi air putih, buah-buahan, sayuran hijau, dan makanan bergizi lainnya ya.

Simak Video "Makan Ayam Goreng Warung Doyong, Seperti Apa Kelezatannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/row)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food