Tips Bikin Kopi Susu Almond Yang Creamy Tak Menggumpal

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Racikan kopi susu biasanya menggunakan susu full cream. Belakangan banyak juga nan menggunakan pengganti susu nabati, seperti susu almond. Ini tips meraciknya!

Susu nabati banyak digunakan sebagai pengganti racikan kopi susu bagi mereka nan tak mengonsumsi susu sapi. Namun, racikan kopi susu dengan susu nabati ini kerap gagal, lantaran sering menggumpal, tak bisa licin creamy seperti susu sapi.

Dilansir dari Tasting Table (18/5), saat membikin latte dengan susu almond tak lama bakal muncul gumpalan nan tidak sedap dipandang dalam cangkir. Susu almond ini terlihat terpisah dan gumpalan protein almond ini melayang-layang di atasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hal ini terjadi lantaran argumen ilmiah. Kopi berkarakter masam dan jika suhunya terlalu panas, maka kopi dapat memecah komponen susu nabati alias susu almond. Karenanya kandungan air dari semua protein dan lemak terpisah.

Racikan kopi susu pakai susu nabatiRacikan kopi susu pakai susu nabati Foto: Getty Images/iStockphoto

Lantas, gimana langkah mengatasinya agar susu almond ini tidak menggumpal?

Pertama, saat menghangatkan susu sebaiknya jangan terlalu panas. Kemudian, saat menuangkan susu almond ke dalam cangkir lakukan secara perlahan.

Jangan memasukkan susu almond itu sekaligus. Karena, perubahan suhu nan sigap ini dapat membikin susu almond menjadi mengental, terutama jika susu tetap dalam kondisi dingin.

Jika susu almond ini tetap mengental di dalam kopi, gunakan sendok teh dan kombinasi kopi untuk menghilangkan gumpalan. Lalu, campurkan kembali susu almond.

Pemilihan jenis kopi juga krusial dilakukan. Pilihlah kopi sangrai nan lebih gelap (dark roast), lantaran nan gelap biasanya kurang masam dan tidak mudah pecah.

Pilihan lainnya adalah membeli susu almond nan dibuat unik untuk kopi. Biasanya, jenis susu satu ini condong tidak menggumpal.

Cara meracik kopi ini tak hanya bertindak untuk susu almond saja. Berlaku juga untuk jenis susu nabati lain, seperti susu oat dan susu kedelai.

Simak Video "Kedai Kopi M. Aboe Thalib Tabanan Suguhkan Kopi Saring-Susu Sejak 1940"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food