Berusia Puluhan Tahun 5 Restoran Legendaris Ini Tutup Permanen

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Tak banyak tempat makan alias restoran legendaris nan bisa memperkuat di era modern. Beberapa apalagi kudu tutup usai beraksi puluhan tahun.

Restoran alias tempat makan legendaris tak hanya menawarkan makanan nan lezat dengan rasa nan tak pernah berubah. Tapi juga menyimpan banyak kenangan tak terlupakan bagi para pelanggannya.

Sayangnya ada banyak restoran legendaris nan tak bisa memperkuat sampai sekarang. Ada restoran nan lokasinya pindah dari letak awal, namun ada juga nan tutup permanen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seperti restoran McDonald's pertama di Jakarta ialah McDonald's Sarinah, lampau restoran Rindu Alam nan sudah ada sejak tahun 1980 dan tetap banyak lagi.

Berikut lima restoran legendaris penuh kenangan nan tutup.

1. Restoran Rindu Alam

Berusia Puluhan Tahun 5 Restoran Legendaris Ini Tutup PermanenBerusia Puluhan Tahun 5 Restoran Legendaris Ini Tutup Permanen Foto: Site News

Pada awal tahun 2020 lalu, berita tentang ditutupnya Restoran Rindu Alam di area Puncak, Bogor, Jawa Barat meninggalkan beragam kenangan untuk banyak orang.

Meski hanya sebuah restoran, tapi lokasinya nan berada persis di area kebun teh nan dingin dan sejuk, membikin Rindu Alam menjadi area wisata paling ikonik dan terkenal di Bogor sejak tahun 1980-an.

Jauh sebelum Rindu Alam dikenal sebagai tempat alias ikon wisata paling ikonik dan legendaris di Puncak. Tempat ini pertama kali didirikan di tahun 1970-an, saat itu restoran ini dibangun oleh Letjen TNI Ibrahim Adjie.

Dengan tujuan agar para visitor bisa menikmati jenis makanan dengan pemandangan alam Puncak nan spektakuler.

Kemudian di tahun 1980, barulah Restoran Rindu Alam dibuka untuk umum. Saat itu tetap jarang restoran nan berada di ketinggian. Restoran Rindu Alam sukses menarik minat pengunjung, lantaran tempatnya berada di 1.444 meter di atas permukaan laut. Meski sempat ada berita bahwa Rindu Alam bakal dibuka kembali tapi sampai sekarang belum ada perkembangannya.


2. Hard Rock Cafe Jakarta

Berusia Puluhan Tahun 5 Restoran Legendaris Ini Tutup PermanenBerusia Puluhan Tahun 5 Restoran Legendaris Ini Tutup Permanen Foto: Site News


Terkenal sebagai kafe dan restoran dengan konsep Rock 'n' Roll, Hard Rock Cafe Jakarta resmi ditutup tahun lalu. Penutupan kafe ini meninggalkan banyak kenangan.

Pada bulan Maret tahun lalu, Hard Rock Cafe Jakarta datang dengan berita mengejutkan. Lewat akun IG @hrcworlwide, pihaknya mengumumkan secara resmi bakal tutup permanen per 31 Maret 2023.

Kabar ini tentunya membikin banyak orang, terutama fans setia Hard Rock Cafe Jakarta terkejut. Ada banyak kenangan di kembali resto dan kafe ikonik nan pertama kali dibuka di Indonesia pada tahun 1992 itu.

Jaringan Hard Rock International (HRI) mempunyai ratusan bagian Hard Rock Cafe di beragam negara. Di awal kedatangannya, Hard Rock Cafe Jakarta pertama kali berdiri tahun 1992 di Sarinah, Jakarta Pusat. Kafe ini kemudian pindah ke gedung eX Plaza Indonesia. Lalu pada 2013, Hard Rock Cafe Jakarta pindah ke letak baru mereka di Pacific Place nan menjadi tempatnya berdiri hingga tutup di tahun lalu.

3. Riung Gunung Coffee

Berusia Puluhan Tahun 5 Restoran Legendaris Ini Tutup PermanenBerusia Puluhan Tahun 5 Restoran Legendaris Ini Tutup Permanen Foto: Site News


Bagi nan sering berpiknik ke wilayah Puncak, Bogor, alias sering melintasi jalanan nan dipenuhi kebun teh ini, pasti sudah tidak asing dengan adanya jembatan tua nan berada di tengah jalan. Jembatan tua ini sudah ada sejak dulu, dengan karakter unik tangga panjang, nan sudah dipenuhi pepohonan lebat.

Jembatan ini dilengkapi dengan tulisan 'Riung Gunung' nan banyak membikin orang penasaran. Ternyata jembatan tua ini dulunya merupakan salah satu properti dari Riung Gunung Coffee House, tempat ngopi paling elite pada masanya.

Kedai kopi nan satu ini disebut beraksi dari tahun 1960 hingga tahun 1970-an. Berbeda dengan warung kopi lainnya, kafe nan satu ini dikelola langsung oleh Hotel Indonesia masa itu, alias sekarang lebih dikenal dengan nama Hotel Indonesia Kempinski.

Hotel Indonesia merupakan hotel bintang 5 pertama nan dibangun di Jakarta pada tahun 1962. Berlokasi di jantung kota Jakarta, di sisi bulatan air mancur. Perusahaan ini juga mengelola Riung Gunung Coffee house untuk para visitor nan berpiknik ke Indonesia.

Simak Video "Warung Mak Beng Bali Masuk Daftar 150 Restoran Legendaris di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food