5 Bumbu Dapur Yang Ampuh Bersihkan Usus Usai Banyak Makan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Masih begah setelah makan puas usai lebaran? Ada lima jenis rempah nan cocok untuk bersihkan usus setelah makan banyak. Ini daftarnya.

Setelah selesai berpuasa banyak nan menganggap usai lebaran menjadi arena balas dendam untuk makan sepuasnya. Apalagi ketika hari lebaran perut juga diisi dengan beragam suguhan nan dihidangkan saat bertamu.

Sudah waktunya untuk mulai membersihkan perut dan kembali mengendalikan nafsu makan. Guna membantu menyesuaikan saluran pencernaan, ada beberapa rempah nan rupanya cocok untuk membersihkan usus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dengan begitu kesehatan saluran pencernaan bakal kembali terjaga dan kembali bersih. Menambahkannya ke dalam makanan maupun mengonsumsi dengan racikan minuman nan hangat juga bisa dilakukan dengan beberapa rempah ini.

Baca juga: Gede Banget! 5 Menu Restoran nan Viral Gegara Porsi Super Jumbo

Berikut 5 rempah nan efektif untuk bersihkan usus menurut Health Shots:

5 Bumbu Dapur nan Ampuh Bersihkan Usus Usai Banyak MakanKapulaga sering dimanfaatkan sebagai rempah untuk melancarkan pencernaan secara alami. Foto: Getty Images/Michelle Lee Photography

1. Kapulaga

Banyak digunakan pada beragam ramuan masakan Indonesia, kapulaga tak hanya dapat menyedapkan makanan tetapi juga berguna untuk kesehatan. Menurut para mahir gizi, kapulaga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk melancarkan pencernaan.

Di dalam kapulaga nan mini terdapat kandungan antioksidan, diuretik, antispasmodik, dan antiinflamasi. Perpaduan kandungannya dapat membantu menenangkan perut nan begah, kram, hingga rasa mual nan tak kunjung hilang.

Kapulaga biasanya ditambahkan dalam beragam hidangan seperti semur hingga gulai. Tetapi jika mau mendapatkan faedah melegakan perut sebaiknya konsumsi dengan langkah menyeduhnya seperti teh.

2. Jahe

Sejak ratusan tahun silam orang India selalu memanfaatkan jahe. Sensasi rasa hangat nan ditimbulkan oleh jahe dapat membantu mengatasi mual, kembung, hingga sakit perut dan masalah pencernaan lainnya.

Ketika makan berlebihan, biasanya juga terasa indikasi seperti dada nan terbakar akibat meningkatkan masam lambung. Konsumsi jahe dipercaya dapat meredakan indikasi tersebut dan membikin perut terasa lebih nyaman.

Dengan menyeduh jahe seperti teh, rasa hangat dan ekstraknya bakal lebih efektif untuk mengatasi gangguan pada pencernaan. Tak hanya sekadar pencernaan tetapi jahe juga dapat membantu meredakan stres.

Rempah untuk membantu bersihkan usus lainnya ada di laman berikutnya.

Simak Video "Kuliner Hidden Gem Dekat Canggu: Gurihnya Bebek Goreng Rempah"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food