Tanpa Tambahan Baking Soda, Ini Trik Merebus Jantung Pisang Agar Warnanya Putih Pakai 1 Bumbu Dapur

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
Tanpa tambahan baking soda, ini trik merebus jantung pisang agar warnanya putih pakai 1 ramuan dapur

YouTube/Rayyan Al Ghazali ; YouTube/Mak Rusmi

Kincaimedia - Hampir semua bagian pisang bisa diolah jadi hidangan lezat dan menggugah selera. Salah satu bagian pisang nan sering dimasak kebanyakan orang adalah jantung pisang. Jantung pisang merupakan kembang pisang nan bakal berbuah andaikan kondisinya sudah matang. Jantung pisang sendiri terdiri dari beberapa lapis nan bagian terdalamnya berwarna putih.

Jantung pisang bisa dimasak jadi jenis tumisan, sup, hidangan bersantan, dan tetap banyak lagi. Sebelum dimasak, jantung pisang kudu direbus terlebih dahulu. Tujuannya agar tekstur jantung pisang lembek saat dimakan.

Merebus jantung pisang berbeda dengan merebus bahan makanan lainnya. Karena jika asal, rebusan jantung pisang justru terasa pahit dan warnanya pun berubah hitam.

Supaya rebusan jantung pisang tak pahit dan warnanya nggak berubah hitam, Anda bisa menambahkan baking soda secukupnya ke dalam air rebusan. Penambahan bahan dapur ini dipercaya bisa mempertahankan warna putih pada jantung pisang.

Tapi nggak melulu baking soda, rupanya ada bahan lainnya nan bisa digunakan untuk mempertahankan warna putih jantung pisang. Caranya sempat ditunjukkan oleh pengguna YouTube Mak Rusmi. Di unggahan videonya, tampak warganet ini mengganti baking soda dengan satu ramuan dapur lainnya.

Penasaran bahannya apa dan gimana caranya?

(brl/lut)

Selengkapnya
Sumber Temukan Makanan Terbaik
Temukan Makanan Terbaik