Sedapnya Nasi Kuning Ny. Shelvy Pernah Dicicipi Sby Hingga Bondan Winarno

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Di Bandung ada nasi kuning lezat buatan Ny. Shelvy. Ia pernah melayani pesanan ratusan porsi dari SBY hingga disambangi mendiang master kuliner, Bondan Winarno.

Mau cari sarapan lezat di Bandung? Nasi Kuning Ny. Shelvy patut jadi pilihan. Lokasinya di Jl Pandu No.6-8, Cicendo, Kota Bandung. Tempat makan ini buka mulai pukul 6 pagi hingga 1 siang.

Racikan nasi kuning di sini terbilang legendaris lantaran sudah ada sejak 1988. Perintisnya, ibu Shelvy apalagi tetap melayani pengguna sampai sekarang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dulu Nyonya Shelvy berdagang hanya menggunakan meja mini dan menyediakan nasi kuning saja, belum ada Nasi Uduk. Menyediakan 20 porsi setiap hari dan gerainya pun lebih mini dari sekarang. Tidak ada tempat untuk dine in, jadi take away saja. Kemudian dari hari ke hari, upaya kami semakin diberkati sehingga jumlah porsi nan disediakan juga semakin bertambah, ada meja, bangku untuk konsumen makan di tempat, mulai rekrut karyawan," kenang Roy.

Nasi Kuning Ny Shelvy di Jalan Pandu, Kota Bandung.Nasi Kuning Ny Shelvy di Jalan Pandu, Kota Bandung. Foto: Anindya Aurellia Devi/detikJabar

Pada 2016, Roy ingat betul upaya ibunya didaftarkan dalam aplikasi online. Setahun kemudian, warungnya terpilih menjadi Pendatang Baru Terbaik se-Jawa Barat dari salah satu aplikasi tersebut.

"Tahun 2018, kami kudu akui kami viral di media sosial. Itu jadi berkah nan besar untuk upaya kami, lantaran jauh melesat secara penjualan dan pendapatan. Program-program TV dan food vlogger berdatangan mulai me-review kami. Kini tahun 2024, 600 porsi kami jual per harinya," kata dia.

Nasi Kuning Ny Shelvy di Jalan Pandu, Kota Bandung.Nasi Kuning Ny Shelvy di Jalan Pandu, Kota Bandung. Foto: Anindya Aurellia Devi/detikJabar

Dari puluhan lauk pendamping nan ada, Roy mengatakan telur bulat semur kecap menjadi salah satu nan paling laris. Selain itu, menu nan paling istimewa, kata Roy, adalah rendang daging.

Selain kedua menu itu, ada rekomendasi lain nan menurut tim detikJabar wajib dicoba, ialah rendang jengkol dan tongkol baladonya.

Detikers tak perlu takut dengan aroma jengkol, karena langkah pemasakan nan lama dan ramuan rendang nan lekoh bisa menambah cita rasa lezat. Jengkol dimasak hingga teksturnya empuk, mirip seperti kentang dan tidak beraroma.

"Kalau saya di sini suka tongkol baladonya. Enak banget sih, mirip seperti woku jika saya bilangnya ya. Terus ada jengkol jelas, sama pakai perkedel jagung juga biasanya," kata Sinta, salah satu pengguna setia Nasi Kuning Ny Shelvy.

Saat ditanya apa nan membikin usahanya spesial, Roy mengaku kualitas produk jadi nan paling diutamakan. Seperti penggunaan beras premium dan ramuan nan kaya rempah.

"Maka nasi kuning nan kami produksi bisa mempunyai daya tahan 18 jam di luar perangkat penghangat nasi, seperti termos alias perangkat nanak nasi. Kualitas rasanya pun tidak berkurang," tuturnya.

Tak heran, jika warung nasi kuning nan legendaris ini selalu jadi jagoan visitor lokal Bandung Raya maupun Jabodetabek. Bahkan, warung Bu Shelvy pernah kebanjiran orderan dari mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

"Tahun 2009 beliau mampir ke Bandung untuk salah satu pembukaan pabrik. Beliau pesan nasi kuning kami sebanyak 500 porsi. Kemudian pemain legend Persib Bandung, Tantan. influencer Sania Leonardo, almarhum Pak Bondan Winarno juga pernah shoot Wisata Kuliner di sini. Ada vokalis Riff, Andi dan Sony Syam dari Master Chef Indonesia juga pernah mampir," ucapnya.

Artikel ini sudah tayang di detikjabar dengan titel "Nasi Kuning Nyonya Shelvy nan Menggugah Selera" selengkapnya di sini.

Simak Video "Harga Duku Cililitan Kembali Normal, dari Rp 2 Ribu Kini Jadi Rp 5 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food