Ngantuk Setelah Buka Puasa? Ternyata Ini Pemicunya!

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Waktu berbuka puasa selalu ditunggu umat Muslim. Namun, pernahkah Anda merasakan ngantuk setiap kali selesai berbuka? Ternyata ini pemicunya!

Menjalani ibadah puasa pasti sedikit banyak mengubah pola makan. Mengingat waktu makan menjadi singkat, hanya bisa makan di waktu berbuka sampai sahur.

Ketika waktu berbuka puasa tiba, banyak orang nan merasa ngantuk. Alhasil ibadah solat Maghrib, Isya, dan Tarawih pun bisa tertinggal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Secara umum, rasa ngantuk usai makan adalah perihal nan normal dan tidak menimbulkan kekhawatiran. Namun, kondisi ini bisa mengganggu lantaran menyebabkan rasa malas.

Dikutip dari Arabia Weather (22/02/24) ini penyebab rasa kantuk usai buka puasa:

1. Kebutuhan usus untuk proses pencernaan

Cara Atasi Ngantuk Usai MakanNgantuk usai makan Foto: Getty Images/iStockphoto/gpointstudio

Menurut para ahli, ngantuk setelah buka puasa disebabkan oleh kebutuhan usus bakal darah dalam jumlah besar untuk membantu proses pencernaan.

Mengutip Medical News Today, rasa capek dipicu oleh pelepasan lebih banyak serotonin setelah makan. Serotonin adalah senyawa kimia nan berkedudukan dalam mengatur tidur.

2. Makanan kaya protein dan karbohidrat

Mengonsumsi makanan nan tinggi protein juga bisa jadi pemicunya. Makanan tinggi protein umumnya mengandung banyak Asam amino triptofan sehingga membantu memproduksi triptofan.

Sementara itu, karbohidrat berkedudukan membantu tubuh menyerap triptofan tersebut. Oleh karenanya, mengonsumsi makanan nan kaya protein dan karbohidrat bisa bikin ngantuk.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food