Konsumsi Kopi Bisa Bikin Otot Kuat Dan Sehat, Ini Kata Ahli

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Jakarta -

Ahli dan peneliti menemukan faedah dari kandungan spesial di dalam kopi. Jika kopi dikonsumsi secara rutin bikin otot kuat dan sehat.

Konsumsi kopi selama ini dikenal hanya untuk memanfaatkan pengaruh dari kafeinnya. Membuat tubuh berenergi dan lebih terjaga seringkali dicari oleh para penikmat kopi.

Ternyata, lantaran berasal dari tumbuhan, kopi juga mempunyai banyak komponen alami nan spesial lainnya. Komponen kimia ini tumbuh seiring berkembangnya tanaman kopi dan masuk ke dalam biji kopi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Beberapa kandungan alami ini nan kemudian membikin kopi semakin dipercaya khasiatnya oleh mahir dan peneliti. Baru-baru ini para peneliti menemukan kebenaran bahwa minum kopi dapat membikin otot kuat dan sehat seperti tubuh remaja.

Baca juga: Penjual Pancake Kaki Lima Berpenampilan Seksi Ini Jadi Sorotan

Konsumsi Kopi Bisa Bikin Otot Kuat dan Sehat, Ini Kata AhliSebuah komponen spesial di dalam kopi ditemukan mahir cocok untuk menjaga kesehatan otot. Foto: iStock

Dilansir melalui Forbes (26/3) sebuah penelitian baru menemukan adanya komponen spesial di dalam kopi nan dapat meningkatkan kesehatan dan kegunaan otot. Komponen ini disebut berjulukan trigonelline nan kadarnya juga cukup tinggi di dalam kopi.

Trigonelline merupakan salah satu komponen alkaloid nan secara alami tumbuh dalam tanaman. Selain tanaman kopi, komponen ini juga ada pada jagung, kedelai, bawang bombay, tomat, hingga beragam rempah-rempah.

Fakta ini diungkapkan oleh jurnal Nature Metabolisme nan dipublikasi tepat pada pekan lalu. Efek konsumsi trigonelline terbukti positif dengan peningkatan kekuatan dan kegunaan otot pada orang dewasa.

Sementara ketika tubuh kekurangan asupan trigonelline terlihat adanya pengurangan kepadatan otot dan kekuatannya pada partisipan nan terlibat. Konsumsi ini disebut sebagai sarcopenia nan menunjukkan penuaan otot tubuh.

Konsumsi Kopi Bisa Bikin Otot Kuat dan Sehat, Ini Kata AhliKomponen berjulukan trigonelline ini dapat mencegah penuaan dan penurunan kepadatan otot. Foto: iStock

"Kami sangat ceria memandang penemuan melalui penelitian kolaboratif nan menunjukkan adanya molekul alami dari makanan nan dapat mencegah penuaan pada otot," kata Jerome Feige selaku kepala departemen kesehatan bentuk di Nestle Research, Swiss.

Penelitian ini apalagi dilakukan langsung oleh campuran para peneliti dari Swiss dan Singapura serta melibatkan beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Finlandia, Irak, dan Australia. Disebutkan ketika terjadi penuaan otot bakal kehilangan energinya untuk berfaedah sebagaimana mestinya.

Kunci utama dari penurunan otot ini adalah kekurangan molekul NAD+ nan juga muncul pada setiap proses penuaan personil tubuh. Sementara konsumsi kopi nan mengandung trigonelline bakal diolah menjadi NAD+ nan menjaga kegunaan krusial mitokondria di dalam tubuh.

Bahkan pada beberapa kasus ditemukan juga kekurangan NAD+ dialami pada pasien nan mengalami gangguan kognitif, penyakit metabolik, kanker, hingga beberapa penyakit pada orang tua lainnya. Tetapi faedah ini hanya bisa didapatkan dengan langkah mengonsumsi kopi hitam alami tanpa terlalu banyak penambahan gula dan lemak dengan kadar konsumsi nan sewajarnya.

Simak Video "Kembali Hadir Menu Kolaborasi Baru Sasa 'The Flavorful Harmony'"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food