Kabar Baik! Konsumsi 5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Mood Dan Ingatan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Konsumsi makanan bisa memengaruhi keahlian otak sekaligus emosional seseorang. Jika mau mood bagus dan ingatan di otak meningkat, coba rutin konsumsi 5 makanan sehat ini.

Makanan nan dikonsumsi sehari-hari memang dapat berpengaruh terhadap bentuk seseorang. Tidak hanya itu, makanan sebenarnya juga memengaruhi kesehatan otak, emosional, dan mental.

Studi nan diungkap oleh Universitas Newcastle menunjukkan, pola makan Mediterania nan berfokus pada banyak makan buah, sayur, dan kacang-kacangan, serta sedikit daging merah, bisa mengurangi akibat demensia secara signifikan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Melihat perihal ini, sederhananya, makanan nan dimakan bisa secara langsung memengaruhi struktur dan kegunaan otak. Serta, dapat memengaruhi segala perihal mulai dari kemampuanmu dalam berkonsentrasi hingga kesejahteraan mental secara keseluruhan.

Oleh lantaran itu, krusial mengonsumsi makanan sehat setiap harinya. Jika Anda mau konsentrasi dalam meningkatkan kesehatan otak dan mental, bisa mengonsumsi beberapa makanan ramah otak alias disebut 'brain food'.

Lantas, seperti apa makanan nan ramah otak alias 'brain food'? Merangkum womenshealthmag.com (12/04), berikut daftar 5 makanannya!

1. Apa itu 'brain food'?

otakBrain food merupakan makanan nan ramah otak dan krusial untuk kesehatan otak. Foto: Getty Images/Fascinadora

Menurut Dr Uma Naidoo, psikiater nutrisi lulusan Harvard dan chef profesional, makanan berakibat langsung pada emosi seseorang lantaran organ usus dan otak nan terhubung.

Makanan ramah otak tidak berupa satu makanan saja. Namun, makanan nan kaya vitamin B, kaya masam lemak omega-3, dan antioksida krusial untuk kesehatan otak.

Menurut Dr Uma, mengonsumsi makanan ramah otak berfaedah berfokus pada mengonsumsi makanan utuh nan sehat dan mengurangi konsumsi makanan ultra-olahan dan makanan sigap saji.

Makanan utuh maksudnya makanan nabati nan kaya serat, seperti sayuran dan buah-buahan, protein seperti daging, ayam, kacang kacangan, tahu, sampai makanan kaya lemak sehat seperti di dalam alpukat dan ikan.

Dengan mengonsumsi makanan ini, menurut Dr Uma, seseorang bisa mengatasi masalah metabolisme nan mengenai erat dengan kesehatan otak buruk. Kamu juga sekaligus menambah serat untuk memelihara mikrobioma usus sehat.

Lantas, makanan apa saja nan ramah otak? berikut daftarnya!

2. Ikan berlemak

5 Fakta Garis-garis Putih nan Ada pada Daging Ikan SalmonIkan salmon baik untuk otak lantaran masam lemak omega-3nya. Foto: iStock

Ikan berlemak termasuk ke dalam makanan nan baik untuk otak dan mental. Sebab, ikan ini mengandung masam lemak omega-3 nan baik untuk perkembangan otak.

Mengonsumsi masam lemak omega-3 secara teratur telah terbukti meningkatkan aliran darah di otak, nan meningkatkan kandungan oksigen, pengobatan otak, dan penggunaan otak.

Otak merupakan organ nan menggunakan oksigen tiga kali lebih banyak daripada otot-otot tubuh. Dengan adanya asupan masam lemak omega-3, ini bisa meningkatkan suplai oksigen dan kegunaan kognitif.

Harvard Health telah merekomendasikan untuk makan ikan setidaknya dua kali seminggu, untuk mendapat faedah maksimal. Jika bukan fans ikan, Anda bisa mendapatkan masam lemak omega-3 ini dari suplemen ikan.

Jenis ikan berlemak nan bisa dikonsumsi, seperti ikan salmon, tuna, sampai sarden.

Daftar makanan brain food lainnya bisa dilihat pada laman selanjutnya!

Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food