Inilah 7 Pemenang Lomba Kreasi Menu Makan Siang Anak Indonesia

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Lomba kreasi menu makan siang ini untuk menyambut rencana pemberian makan siang cuma-cuma anak sekolah pada pemerintahan baru. Ini hasil lombanya.

Wacana pemberian makan siang cuma-cuma untuk anak sekolah jadi program pemerintahan baru Prabowo-Gibran. Program ini dibahas saat masa kampanye dan sudah dilakukan uji coba di beberapa wilayah di Indonesia.

Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia bekerja-sama dengan Badan Pangan Nasional, Yayasan Kehati, Detikfood, Yayasan Omar Niode dan Indonesian Chef Association, menyelenggarakan Lomba Kreasi Menu Makan Siang Anak Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sejumlah syarat juga diberikan pada peserta seperti ⁠WNI berumur 17 tahun ke atas. ⁠Peserta dapat mendaftar secara perseorangan alias golongan (maksimal 3 orang). ⁠Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 2 kreasi alias kreasi menu.

Menu nan dirancang juga kudu memenuhi kriteria. Seperti biaya tak lebih dari Rp 15.000 dan wajib menyantap bahan-bahan lokal di wilayah masing-masing. Menu sesuai dengan B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman). Dengan komposisi, 1/3 bahan pokok, 1/3 sayur, 1/6 lauk protein, 1/6 buah.

Lomba nan berjalan dari tanggal 20 Maret hingga 15 April sukses menyaring 139 peserta. Dari jumlah ini disaring oleh majelis juri dan dipilih 7 pemenang. Terdiri dari 4 orang peserta perorangan dan 3 peserta kelompok.

Seleksi rancangan menu dilakukan oleh majelis juri nan terdiri dari; chef Ragil Imam Wibowo (Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia), Amanda Katili (Yayasan Omar Niode), Chef Susanto (Indonesian Chef Association), ⁠Puji Sumedi (Yayasan Kehati) Rinna Syawal (Badan Pangan Nasional) dan ⁠Odilia Winneke (Detikfood).

Lomba Kreasi Menu Makan Siang Anak IndonesiaLomba Kreasi Menu Makan Siang Anak Indonesia Foto: Dok. Nusa Gastronomy

Hasil penjurian lomba kreasi menu makan siang anak Indonesia selengkapnya:

Perorangan:

1. Yohana Siti Riris Andayani (Danurejan, DIY) dengan menu nasi bayam, ayam goreng, tumis bayam tauge dan agar pepaya susu

2. Anis Elok Finalistya (Kecamatan Pulau Laut Timur, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan ) dengan menu nasi beras gambut, sempol ikan haruan, perkedel tahu, sayur pakis merah dan nanas madu

3. Hartati Safitri (Karangrejo, Kec. Loano, Kab. Purworejo, Jawa Tengah) dengan menu nasi oyek, telur asin, tumis bayam wortel, dan pisang ambon4. Mutiara Haque Prayogi (Malang) dengan menu ubi ungu tumbuk, pallumara kembung, tempe bakar, sawi bawang putih, saribuah jambu biji merah

Kelompok:

1. Musa Herlambang, Rizydan Nanditio Cahya, Putu Asterina Vindra Putri dengan menu nasi sorgum, sate lilit patin, rolade tempe, sup oyong, salad buah naga dan melon

2. Lisdian Widowati (Majenang/Cilacap/Jawa Tengah) dengan menu tiwul, tahu goreng telur dan jagung manis, orek kecambah hijau, jeruk medan/jambu kristal3.

3. Fitriana (Kaliwates/Jember/JawaTimur) dengan menu mie lethek, sup ayam kacang hijau, sayur kembang kol, sawi putih dan worte;, jeruk bali dan pepaya.

Para pemenang bakal diberikan sejumlah bingkisan berupa duit tunai, sovenir B2SA dan voucher potongan nilai belanja. Untuk konfirmasi panitia bakal mengontak langsung para pemenang.

Simak Video "Segini Harga Makan Siang Gratis Program Prabowo-Gibran"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food