Apa Benar Makan Es Krim Bikin Batuk Dan Sakit? Ini Kata Ahli Gizi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Banyak orang menghindari konsumsi es krim lantaran dianggap bisa membahayakan kesehatan. Namun, apakah makan es krim efeknya betul-betul buruk? Ini penjelasannya.

Es krim merupakan salah satu jenis makanan penutup nan sebenarnya disukai oleh semua kalangan. Olahan dari susu nan dibekukan ini punya rasa bervariasi, mulai dari manis sampai asam. Menjadikannya makanan penutup nan menyegarkan.

Es krim biasa dikonsumsi sesekali saja, tidak setiap hari lantaran dianggap bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti batuk dan sakit lainnya/

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, gimana jika Anda makan es krim setiap hari? Apakah betul-betul jelek bagi kesehatan? Melansir huffpost.comb(09/04), berikut penjelasan dari beberapa ahli.

1. Apakah kondusif makan es krim setiap hari?

es krimEs krim disebut kondusif dikonsumsi dalam pemisah sedang. Foto: Getty Images/andresr

Ahli gizi Tamar Samuels ragu melabeli setiap makanan baik alias buruk. Sebab, perihal itu bisa memicu emosi malu, bersalah, dan takut. Berpotensi mengarah pada hubungan nan tidak sehat dengan makanan.

Maggie Michalczyk juga mempunyai pandangan serupa mengenai makanan. Ia tidak suka mengklasifikasikan satu jenis makanan sebagai makanan 'buruk'. Namun, menurutnya ada makanan bergizi dan kurang bergizi.

Maggie menjelaskan, es krim merupakan makanan nan padat kalori, tinggi kalori, tinggi gula, nan dapat dinikmati dalam jumlah sedang.

Es krim nan dijual di pasaran mempunyai profil nutrisi berbeda. Sehingga, para mahir mengingatkan untuk selalu membaca label. Ketahui juga kandungan gulanya dan ingat batas gula dan lemak harian.

Menurut American Hearth Association, asupan gula tambahan harian tidak boleh lebih dari 36 gram untuk laki-laki dan 25 gram untuk wanita.

Sedangkan untuk lemak jenuh, AHA merekomendasikan tidak lebih dari 13 gram per hari untuk orang nan memang sedang diet.

Namun, kandungan nutrisi ini belum tentu menjadi argumen untuk tidak menikmati es krim sepenuhnya.

Ahli gizi Edwina Clark menjelaskan, es krim tetap mempunyai beberapa faedah kesehatan. Menurutnya, satu sendok es krim setiap malam dalam konteks diet sehat tidak mungkin merusak kesehatan.

Edwina Clark juga menjelaskan, es krim merupakan sumber kalsium, magnesium, dan B12 nan memberikan kegunaan krusial untuk makanan.

2. Manfaat lain dari makan es krim

es krimMakan es krim rupanya bisa mendatangkan faedah baik bagi kesehatan. Foto: Getty Images/andresr

Meskipun sebagian es krim mengandung lemak dan gula tinggi, tetapi makanan penutup ini bisa memberikan keuntungan.

Ahli diet Michalcyzk menjelaskan jika protein dan lemak nan ditemukan dalam es krim dapat memperlambat penyerapan gula. Seseorang juga bisa mendapat asupan protein dan kalsium saat makan es krim.

Samuels mencatat, susu dan krim di dalam es krim juga menjadi sumber vitamin A nan baik dan menjadi nutrisi krusial untuk meningkatkan kesehatan mata dan mendukung kegunaan kekebalan tubuh.

Menurut mahir gizi ini, produk susu juga megandung kolin nan memainkan peran krusial dalam perkembangan otak dan metabolisme awal. Kandungan lemak es krim lebih tinggi juga menyebabkan rasa kenyang daripada makanan penutup lainnya.

Untuk mengetahui apakah es krim non-dairy lebih baik alias tidak, bisa lihat pada laman selanjutnya!

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food