5 Toko Kopi Berusia Puluhan Tahun Ini Jual Kopi Enak

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Bertahan di era industri kopi modern, beberapa toko kopi legendaris ini jual serbuk hingga biji kopi single origin. Jadi destinasi pencinta kopi puluhan tahun.

Selain warung kopi dan kopitiam legendaris nan berumur hingga ratusan tahun di Indonesia, ada toko kopi jadul nan menjual beragam jenis kopi. Biji kopi dan kopi giling nan autentik.

Kebanyakan toko kopi legendaris ini menjual jenis biji kopidan serbuk kopi nan disangrai sendiri. Jenis kopi nan ditawarkan cukup beragam seperti single origin dari beragam wilayah Indonesia. Di antaranya kopi asal Gayo, Toraja, Sidikalang, hingga Kintamani.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tentunya setiap toko kopi legendaris ini mempunyai pengguna hingga jenis kopi unggulan masing-masing. Karena ada sudah puluhan tahun, mereka punya pengguna setia.

Spesial untuk fans kopi, berikut lima rekomendasi toko kopi legendaris nan menjual kopi jadul enak.

1. Toko Kopi Matahari

Kopi Matahari, Toko Kopi Legendaris Tempat Belanja Kopi di BekasiKopi Matahari, Toko Kopi Legendaris Tempat Belanja Kopi di Bekasi Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Toko Kopi Matahari jadi salah satu tempat jagoan penduduk Bekasi saat mencari biji alias serbuk kopi lokal dari beragam wilayah di Indonesia. Tokonya sederhana tapi jenis kopi nan ditawarkan cukup banyak.

Toko kopi ini juga terbilang legendaris, salah satu pegawai nan kami temui mengatakan jika toko ini sudah ada sejak 1960-an. Tentu saja kualitas kopi di sini tak main-main.

Beberapa kopi nan jadi jagoan di sini antara lain kopi arabika gayo, Toraja, Flores, Papua dan Bali. Ada juga robusta dari Lampung dan nan spesial ada kopi luwak.

Kopi di sini bisa dibeli dalam jumlah sedikit ataupun dalam partai besar. Minimal pembeli bisa membawa pulang kopi dengan berat 100 gram. Harga nan ditawarkan juga beragam mulai dari Rp 7.000 per 100 gram untuk kopi robusta, sampai Rp 145 ribu per 100 gram untuk kopi luwak asli.

2. Toko Kopi Sigan

5 Toko Kopi Berusia Puluhan Tahun Ini Jual Kopi Enak5 Toko Kopi Berusia Puluhan Tahun Ini Jual Kopi Enak Foto: detikcom/Visual

Toko kopi legendaris tersebar di beragam wilayah Indonesia, termasuk Surabaya. Ada Kopi Sigan nan diperkirakan sudah ada sejak 1950-an dan tetap eksis sampai sekarang.

Keunikan toko kopi ini adalah tetap mempertahankan arsitektur nan unik dan autentik unik era dahulu. Interior di toko kopi ini pun banyak menggunakan hiasan produk-produk lawas, didominasi produk kebutuhan rumah tangga, makanan dan minuman, serta perangkat tulis lama.

Tak hanya tentang historinya, kopi nan dijual di sini rasanya sangat ciamik dan khas. Kopi dibuat secara manual menggunakan biji kopi original dari Bali dan Aceh.


3. Kopi Liong

5 Toko Kopi Berusia Puluhan Tahun Ini Jual Kopi Enak5 Toko Kopi Berusia Puluhan Tahun Ini Jual Kopi Enak Foto: detikcom/Visual

Kopi Liong Bulan juga termasuk nan legendaris di Bogor, Jawa Barat. Merek ini menyajikan racikan kopi tubruk nan rasanya klasik.

Kalau menyukai kopi nan klasik, patut sekali mencobanya. Karena, Kopi Liong Bulan ini sudah eksis sejak 1945 nan berfaedah usianya menginjak 78 tahun. Kopi ini bisa dibeli di toko tradisional nan menjadi pemasok Kopi Liong di area Tanah Sereal, Bogor.

Kopi merek ini ditawarkan dalam bungkusan sachet. Variannya hanya kopi tubruk polos dan ditambahkan gula pasir. Harganya sekitar Rp 27.000-an untuk 1 pak.

Simak Video "Viral Warung Seblak Mama Zafran, Ternyata Berawal dari Toko Kelontong "
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food