Resep dan Cara Memasak Telor Balado

Artikel Terkait Resep Telur
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Masakan dan Cara Memasak dari Bunda Aisyah - Telor Balado paling sering nangkring di warung nasi, gak cuman waung nasi padang, di warung tegal juga salah satu menu yang kayaknya setiap hari ada. Telor balado salah satu menu lauk hewani yang terbilang murah dibanding lauk hewani lainnya, makanya paling sering dipilih mahasiswa.

Balado sendiri sebetulnya nama sebuah teknik memasak, jadi bukan nama bumbu atau sengaja nama makanan, jadinya balado adalah cara menumis bumbu-bumbu beserta cabe merah yang dihaluskan, dan memang khas asal minangkabau. 

Gak cuman telor aja yang bisa di balado, namun bisa ayam, daging, atau apa pun itu yang memasukan cabe merah giling ke dalamnya, kemudian di tumis bersama rempah-rempah. Citra rasa balado pedas hangat, karena sebetulnya rasa cabe gak sepedas cabe rawit (cengek: bahasa Sunda), tapi karena warnanya yang merah menyala, jadi kesannya emang rada angker di mulut 😝

Resep balado adalah salah satu masakan yang paling pertama aku bisa setelah menumis, lumayan gampang, tapi setingkat lebih sulit dari menumis ya. Karena perlu ngulek-ulek atau menghancurkan bumbu-bumbunya. Jadi sangat cocok untuk pemula, rasanya udah pasti aman, karena gak pake bumbu aneh-aneh.

Dalam balado , bumbu wajib tentu aja cabe, tapi kadang ada juga yang menambahkan tomat, untuk efek agak becek dan mungkin aroma segar. Tapi bisa juga hanya cabe giling, dan untuk rempahnya ada yang hanya menggunakan bawang putih saja, ada yang bawang merah saja, ada yang keduanya. Tapi kalau tanpa cabe tentu saja bukan balado. 

Kali ini aku akan memasak resep telor balado, yang simpel banget, dan memasaknya relatif cepat. Ini dia ya bu ibu....

RESEP TELOR BALADO
Ala Dapur Mama Badar



Waktu memasak: 45 menit

Bahan:
🍳 4 butir telur ayam
🍳 air untuk merebus telur
🍳 3 ruas lengkuas, geprek
🍳 1 lembar daun salam
🍳 1 buah serai, geprek
🍳 2 lembar daun jeruk
🍳 garam dan gula secukupnya
🍳 minyak secukupnya untuk menggoreng telur dan menumis bumbu

Bumbu halus:
🍳 50 gr cabe merah keriting (sekitar 10 buah )
🍳 25 gr cabe merah besar (sekitar 2 buah )
🍳 5 siung bawang merah
🍳 3 siung bawang putih

Cara:
🍳 Rebus telur dengan api sedang, sekitar 25 menit. Kemudian tiriskan, sambil menunggu dingin untuk dipisahkan dari cangkang telur, siapkan bumbu halus, dan panaskan minyak untuk menggoreng telur.
🍳 Setelah minyak panas, goreng telur rebus satu persatu hingga berkulit dan kecoklatan ( tapi ada juga yang gak di goreng, kalau digoreng tujuannya biar lebih harum aja aromanya).
🍳Minyak untuk menggoreng di simpan di wadah lain dan sisakan sekitar 5 sdm makan untuk menumis bumbu halus. Setelah minyak panas, masukan bumbu halus, tumis sebentar lalu masukan lengkuas, daun salam, serai, dan daun jeruk. Tumis hingga harum dan bumbu matang, jika tidak matang rasa getir dari cabe akan terasa, and it's not good.
🍳 Masukan telur satu persatu, jika ingin agak berkuah boleh tambahkan air sekitar 50 ml, tidak juga tidak masalah. Tambahkan garam dan gula, koreksi rasa.
🍳 Jika sudah harum dan rasa pas, api boleh dikecilkan, dan resep telor balado siap disajikan.

Tips: agar saat menggoreng telur api tidak muncrat, pertama saat memasukan telur, minyak jangan dalam keadaan terlalu panas, dan api dalam kondisi kecil saja, sedikit demi sedikit tingkatkan nyala api, jika sudah tidak terdengar lagi suara cipratan air dan sudah sedikit berkulit, api boleh dinyalakan dalam kondisi sedang, dan telur dapat di goreng hingga menciptakan kulit yang kecoklatan.
Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :