Nyeleneh! 5 Menu Sarapan Ini Pakai Ginjal Domba Hingga Otak Kambing

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Bukan bubur alias nasi uduk, di beberapa negara menu sarapannya lebihnyeleneh menggunakan ginjal domba sampai kaki hewan.

Jika di Indonesia menu sarapannya kebanyakan menggunakan bahan dasar nasi seperti bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning hingga lontong sayur. Berbeda dengan beberapa negara seperti Alaska hingga India nan punya menu sarapan cukup unik dan aneh.

Salah satunya seperti orang-orang Alaska nan doyan sarapan dengan potongan daging rusa. Kemudian ada orang India nan suka sarapan dengan kaki hewan, hingga otak kambing.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari beberapa sumber (15/04), berikut lima menu sarapan nan cukup asing dan ekstrem bagi sebagian orang.

1. Kaki Hewan

Nyeleneh! 5 Menu Sarapan Ini Pakai Ginjal Domba hingga Otak KambingNyeleneh! 5 Menu Sarapan Ini Pakai Ginjal Domba hingga Otak Kambing Foto: Site Recipe/Visual

Berkunjung ke India dan sekitarnya, menu hidangan berbasis kuah kari jadi salah satu menu sarapan nan sangat terkenal di sana. Mulai dari campuran kambing hingga rempah lainnya, setiap menu sarapan biasanya disandingkan dengan roti naan.

Salah satunya ada Paya, hidangan ini diolah dari campuran 'kaki' hewan. Seperti kaki kambing, kerbau, hingga domba. Tampilannya seperti kari tulang, dan rasa kaldunya gurih. Namun ada juga nan memasukkan langsung satu kaki hewan penuh sehingga tampilannya sedikit menyeramkan.

Meski begitu makanan ini tetap laku dan digemari sebagai menu sarapan nan enak, mudah ditemukan dan tentu saja mengenyangkan. Tersedia juga hidangan pelengkap lainnya, seperti roti hingga nasi.

2. Ginjal Domba

Nyeleneh! 5 Menu Sarapan Ini Pakai Ginjal Domba hingga Otak KambingNyeleneh! 5 Menu Sarapan Ini Pakai Ginjal Domba hingga Otak Kambing Foto: Site Recipe/Visual

Devilled kidneys ini merupakan menu sarapan klasik nan terkenal di Inggris sejak dulu. Tampilannya menarik dan menawan, tapi hidangan nan sudah ada sejak jaman Victoria ini dibuat dari jeroan domba.

Sesuai namanya, menu sarapan ini dibuat dari ginjal domba nan dimasak dengan beberapa saus rempah, kemudian diberi nama 'devilled'. Rasanya lezat gurih dan sedikit manis, biasanya disajikan di atas roti panggang nan tak kalah enak.

Agar rasanya lebih gurih, biasanya ditambahkan sedikit butter di atas roti kemudian dicampurkan dengan potongan ginjal domba nan sudah diolah sebelumnya. Selain dijadikan menu sarapan, terkenal juga sebagai menu makan malam.

3. Otak Kambing

Nyeleneh! 5 Menu Sarapan Ini Pakai Ginjal Domba hingga Otak KambingNyeleneh! 5 Menu Sarapan Ini Pakai Ginjal Domba hingga Otak Kambing Foto: Site Recipe/Visual

Masih di India, lantaran sapi dianggap sebagai hewan suci di sana. Orang India kebanyakan makan domba alias kambing. Tak hanya dagingnya saja, bagian dalamnya seperti otak kambing juga diolah jadi menu sarapan nan lezat dan digemari banyak orang.

Menu sarapan otak kambing ini cukup terkenal di Mumbai hingga Pakistan. Tampilannya sekilas seperti telur berwarna kuning, dengan aroma rempah nan harum. Tekstur dan rasa otak kambing juga enak.

Ada perpaduan seperti lembut tofu alias tahu, dengan dominan rasa gurih berpadu manis. Biasanya disantap dengan nasi, roti labu, alias bisa juga roti naan nan jadi menu sarapan tradisional di sana.

Simak Video "Ketupat Sayur Padang di Tebet Eco Park nan Jadi Menu Sarapan Favorit"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food