Mudik Makin Lengkap Dengan Bawa Oleh-oleh Makanan Khas Daerah

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Minggu ini tetap arus balik, orang-orang dari kampung laman kembali ke tempat tinggalnya. Jangan tinggalkan wilayah nan dilintasi tanpa membawa pulang oleh-oleh makanan unik daerah. Ini rekomendasinya!

Mudik menjadi bagian tradisi dari lebaran orang Indonesia. Mereka nan tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya bakal kembali ke kampung laman untuk berlebaran.

Mudik pun bisa dilakukan dengan beragam cara, seperti naik mobil, kereta, hingga pesawat. Para pemudik biasanya menghabiskan waktu libur di sana untuk kumpul berbareng keluarga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pulang mudik tentunya tak komplit jika tidak membawa buah tangan untuk keluarga, kerabat, dan rekan kerja di tempat asal. Oleh-oleh makanan pun jadi nan paling favorit lantaran bisa dinikmati ramai-ramai.

Banyak pilihan makanan tradisional nan cocok dijadikan oleh-oleh. Tim detikfood nan baru-baru ini menelusuri jalur Sumatera untuk ke Padang pun punya rekomendasi oleh-oleh makanan menarik.

Kripik Balado Christine HakimKripik Balado Christine Hakim Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Jangan tinggalkan kota Padang tanpa mampir ke Pusat Oleh-oleh Kripik Balado Christine Hakim di Jalan Adinegoro No. 11 A. Di sini menu terfavoritnya kerupuk sanjai nan dibuat dari singkong.

Keripik sanjai tersedia dalam jenis original, super pedas, sambal ijo, hingga keripik sanjai nan terbuat dari keripik pisang. Harganya mulai dari Rp 30 ribuan.

Kalau dari Bukittinggi, ada kerupuk jangek nan jadi andalan. Kerupuk ini bisa didapat di Pasar Atas nan terkenal di Bukittinggi. Harganya bervariasi mulai dari Rp 15.000 per 500 gram hingga Rp 50.000 per 500 gram.

Lalu ada keripik talua rendang nan berbahan telur lampau diberi ramuan rendang. Salah satu penjualnya, Bu Emy mengatakan, "Talua rendang ini lezat banget buat lauk nasi."

Selain kota-kota di Sumatera, kota di Jawa Barat, Tengah, hingga Timur pun jadi jadi tujuan mudik populer. Di setiap kota ini tersaji makanan unik nan patut dijadikan oleh-oleh.

Kalau ke Bandung, Anda bisa bawa pulang brownies, tahu susu, bolen, bolu bakar, hingga batagor. Beberapa spot di sana pun terkenal sebagai tempat beli oleh-oleh.

Resep Brownies Panggang Cokelat AlmondBrownies Panggang Jadi Incaran di Prima Rasa Bandung Foto: iStock

Salah satunya Prima Rasa nan punya 8 bagian di sana, salah satunya di Jl. Kemuning No.20. Di sini tersedia jenis brownies, cheese stick, picnic roll, hingga ragam kue basah.

Sementara di Solo, pilihan oleh-oleh makanan khasnya juga beragam. Variannya dari nan klasik sampai nan kekinian.

Untuk nan klasik, Anda bisa berburu di Toko Roti Orion nan sudah ada sejak 1932. Sampai sekarang gerainya tak pernah sepi. Lokasinya di Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.80.

Kalau ke sini wajib coba Roti Orion Mandarijn nan serupa lapis surabaya. Bedanya roti ini dilapisi selai nanas dengan rasa manis asam. Pilihannya Mandarijn, Mandarijn Kismis, dan Mandarijn Spesial dengan tambahan rum butter. Harganya mulai dari Rp 125 ribu per kotak.

2 Ide Oleh-oleh Khas Solo nan Kekinian dan Klasik, Dijamin Enak!Toko Roti Orion Jual Oleh-oleh Klasik Khas Solo Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Untuk nan kekinian, Anda bisa pilih Pukis Badran. Tampilannya elok warna-warni dengan pilihan rasa original, cokelat, keju, Oreo, dan cappuccino.

Pusat Pukis Badran ada di Jl. Kenanga 25 Badran, Kotabarat, Solo. Harganya sekitar Rp 70 ribu per bungkusan isi 10. Pukis Badran tahan 3 hari di suhu ruang.

Untuk tahu rekomendasi oleh-oleh makanan unik wilayah lainnya, jangan lewatkan artikelnya di SINI ya!

(adr/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food