Keren! Siomay Peringkat 1 'best Dumpling' Di Dunia, Kalahkan Gyoza

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Dumpling punya banyak jenis di dunia. Salah satunya siomay nan terkenal di Indonesia. Siomay baru-baru ini dinobatkan sebagai dumpling terenak di bumi jenis TasteAtlas 2024.

Dumpling merupakan salah satu jenis dimsum nan terkenal di dunia. Biasanya berupa daging cincang nan ditambah sayuran, lampau dibungkus dengan selembar kulit nan terbuat dari adukan tepung.

Dumpling bisa dikukus, dimasak dengan langkah pan fried, alias digoreng. Jenisnya banget beragam di dunia. Karenanya TasteAtlas, situs asal Kroasia nan konsentrasi membahas kuliner tradisional membikin daftar 'Top 100 Dumplings in the World'.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mengutip TasteAtlas (15/4/2024), siomay asal Indonesia sukses menduduki ranking 1 untuk daftar dumpling terenak di dunia. Siomay kalahkan xiaolongbao sampai gyoza.

Berikut daftar komplit 10 best dumpling di bumi jenis TasteAtlas 2024:

1. Siomay

Keren! Siomay Peringkat 1 'Best Dumpling' di Dunia, Kalahkan GyozaFoto: TasteAtlas

Siomay disebut TasteAtlas sebagai dumpling ikan unik Indonesia dengan tambahan telur, kentang, kol, tahu, dan pare nan semuanya dikukus. Isian tersebut ditaruh di atas piring lampau disirami saus kacang nan pedas.

Bumbu unik lainnya, kecap manis dan saus sambal, serta kucuran jeruk limo. Siomay di Indonesia sebenarnya diadaptasi dari shumai unik China. Konon diperkenalkan oleh imigran China nan datang ke Indonesia saat masa kolonialisme Belanda.

2. Guotie

Keren! Siomay Peringkat 1 'Best Dumpling' di Dunia, Kalahkan GyozaFoto: TasteAtlas

Dari China ada guotie nan umumnya diisi daging babi cincang, sawi putih, daun bawang, jahe, hingga minyak wijen. Guotie punya tekstur renyah di luar dan lembut di dalam lantaran dimasak dengan langkah digoreng menggunakan sedikit minyak, lampau ditambahkan sedikit air, dan ditutup. Jadi bagian atasnya juga terkukus.

Goutie secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai pot stick, sehingga dumpling ini sering dijuluki potsticker, terutama di Amerika Utara.

3. Tangbao

Keren! Siomay Peringkat 1 'Best Dumpling' di Dunia, Kalahkan GyozaFoto: TasteAtlas

Masih dari China, di posisi 3 ada soup buns alias tangbao. Bentuknya mirip xiaolongbao dengan langkah masak dikukus dan diisi kaldu. Untuk isiannya bisa memakai daging babi alias kepiting cincang.

Panganan China ini biasanya disajikan sesaat setelah dikukus. Jadi kaldu di dalamnya tetap cair dan hangat ketika dimakan.

4. Hamamatsu gyoza

Keren! Siomay Peringkat 1 'Best Dumpling' di Dunia, Kalahkan GyozaFoto: TasteAtlas

Hamamatsu adalah jenis gyoza terkenal dari Jepang. Isiannya ada kubis, bawang bombai, daging babi, dan ramuan seperti jahe serta bawang putih.

Hamamatsu gyoza mudah dikenali lantaran langkah menggorengnya unik dimana potongan gyoza disusun melingkar sehingga sekali menggoreng bisa dapat lebih banyak. Di atasnya hamamatsu gyoza diberikan topping tauge.

Selengkapnya di laman selanjutnya.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food