Ini Cara Simpan Lettuce Agar Tetap Segar Dan Renyah

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Lettuce alias selada bokor termasuk sayuran nan mudah sekali layu. Oleh lantaran itu, krusial untuk menyimpannya dengan benar. Kalau mau tetap segar, bisa melakukan langkah ini.

Lettuce merupakan jenis selada nan banyak mengandung air dan renyah rasanya. Lettuce biasanya dinikmati mentah. Banyak ditambahkan pada sajian salad, burger, kebab, hingga lalapan bagi orang Indonesia.

Tentu saja lettuce kudu segar agar rasanya renyah dan bongkolnya tetap kuat dan rapat helaian daunnya. Daunnya tetap kencang menyatu, tak layu ataupun berubah warna menjadi kecokelatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari Mirror (10/4), agar lettuce tidak layu dan segarnya tahan lama, perihal pertama kudu mencucinya sampai bersih. Potong bongkol lettuce kemudian kucuri air keran nan mengalir sembari lepaskan helaiannya agar semua kotoran larut.

Selanjutnya campurkan air dengan sedikit cuka putih. Air cuka ini bakal menghilangkan kuman dan kotoran dari sayuran. Proses merendam selada ini kudu sekitar 2 menit.

Lap tiap helai lettuce dengan tisu hingga betul-betul kering. Bisa memakai salad spinner jika ada. Susun lembaran lettuce dalam wadah kaca nan dialasi tisu dan tutup rapat lampau simpan di kulkas. Cara ini menjaga lettuce segar hingga 6 minggu.

cara menyimpan selada bokorcara menyimpan selada bokor Foto: Getty Images/iStockphoto

Jika menyimpan lettuce dalam wadah plastik alias kantong plastik lettuce bakal memperkuat segar beberapa hari saja. Jika menyimpan lettuce dalam keadaan utuh, iris sedikit bagian bongkolnya lampau tutup dengan tisu nan dibasahi sedikit air. Bungkus lettuce utuh dengan tisu lampau simpan dalam kulkas.

Untuk lettuce nan sudah dipotong-potong, balut dengan kertas alias tisu dan taruh dalam wadah kaca bertutup. Simpan dalam lemari es agar tahan segar beberapa hari.

Simak Video "Mengintip Kafe Seni Bernuansa Picasso di Irak"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food