Banyak Makan Gorengan, Konsumsi Teh Hijau Dan Buah Untuk Perkecil Efeknya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Makanan nan digoreng memang rasanya lebih lezat dan gurih meski tidak sehat. Untuk menetralisirnya bisa makan buah, sayur hingga minuman hangat.

Rasanya nan lezat dengan tekstur renyah gurih, membikin gorengan susah ditolak. Ada langkah mudah untuk membikin kebiasaan makan ini jadi lebih sehat.

Kebiasaan orang Indonesia, sampai sekarang tetap familiar dengan sarapan gorengan dan makanan berminyak di pagi hari. Makanan nan berminyak dan digoreng ini memang susah untuk ditolak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain harganya nan relatif lebih murah, rasanya nan lebih enak, menu-menu gorengan, nasi goreng, sampai menu lainnya ini memang mudah ditemukan di pagi hari.

Menurut NDTV (22/04), ada beberapa tips mudah agar kebiasaan makan gorengan ini sedikit lebih sehat, dengan kebiasaan nan bisa kita terapkan setiap hari. Berikut penjelasannya.


1. Teliti Pilih Makanan

Hobi Makan Gorengan? Bisa Netralisir Pakai Teh Hijau hingga BuahHobi Makan Gorengan? Bisa Netralisir Pakai Teh Hijau hingga Buah Foto: Ilustrasi iStock

Kalau saat sarapan sudah terlanjur kalap menyantap gorengan, nasi uduk, lontong sayur hingga nasi goreng. NDTV menyarankan agar menu makan siang alias makan malamnya dibuat lebih ringan.

Fungsinya sama, agar tubuh tidak terlalu berlebihan menyantap makanan nan kurang sehat dalam sehari penuh.

Menu makan siang alias makan malamnya bisa dikurangi porsinya, alias ditambah dengan menu makanan sehat seperti sup, tumis sayur, alias hidangan penutup dari buah-buahan segar.

2. Perbanyak Sayur dan Buah

Hobi Makan Gorengan? Bisa Netralisir Pakai Teh Hijau hingga BuahHobi Makan Gorengan? Bisa Netralisir Pakai Teh Hijau hingga Buah Foto: Ilustrasi iStock

Saran ini mungkin terdengar sepele, dan banyak dianggap enteng oleh orang-orang. Tapi asupan buah dan sayur sangat berpengaruh, untuk kembali memulihkan tubuh setelah menyantap makanan berminyak nan tidak sehat.

Makanan berminyak seperti gorengan dan sebagainya sering kali membikin pencernaan jadi terhambat. Fungsi buah dan sayuran, mirip seperti pencahar alami nan kaya serat dan cairan natural di dalamnya.

Pilihlah buah dan sayur nan tinggi bakal serat untuk makan siang, setelah sarapan makanan berminyak. Misalnya seperti bayam, kembang kol, pisang, apel sampai strawberry nan paling padat nutrisinya dan mengandung banyak serat.


3. Teh Hijau

Hobi Makan Gorengan? Bisa Netralisir Pakai Teh Hijau hingga BuahHobi Makan Gorengan? Bisa Netralisir Pakai Teh Hijau hingga Buah Foto: Ilustrasi iStock

Ada pengganti lain, selain air putih hangat nan bisa diminum setelah sarapan makanan berminyak di pagi hari. Salah satunya adalah dengan menyeduh teh hijau.

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa teh hijau merupakan minuman kesehatan nan kaya bakal flavonoid dan antioksidan. Kedua komponen ini bisa membantu menyeimbangkan kandungan oxidative, setelah tubuh mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebihan.

Rutin minum teh hijau setelah menyantap makanan berlemak alias berminyak juga bisa membikin BAB jadi lebih lancar. Teh ini juga bisa menurunkan akibat penyakit jantung, serta menambah daya di pagi hari.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food