Air Lemon Vs Air Kelapa, Mana Yang Lebih Bagus Untuk Hidrasi?

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Hidrasi bisa dilakukan dengan minum air putih dan minuman menyehatkan lain seperti air lemon dan air kelapa. Di antara keduanya, mana nan lebih bagus untuk memenuhi kebutuhan cairan harian?

Salah satu komponen krusial dari pola hidup sehat adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hal ini krusial untuk memastikan organ tubuh berfaedah maksimal karena 60 persen tubuh terdiri dari air.

Jika hidrasi tak terpenuhi, maka bakal mungkin mengalami banyak masalah kesehatan. Salah satunya dehidrasi nan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, kulit menjadi kering, terkelupas, dan terlihat kusam. Pada kasus terparah dapat menyebabkan syok hipovolemik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cara utama hidrasi adalah mengasup cairan sesuai kebutuhan tubuh. Selain dari air putih dan makanan berkuah, Anda bisa minum minuman sehat seperti air lemon dan air kelapa sebagai pengganti jika jenuh rasa air putih.

Keistimewaan air kelapa

Fresh Coconut Water Drink in glass with coconut leaf on wooden  backgroundFoto: Getty Images/iStockphoto/PitchyPix

Mengutip Times of India (14/4/2024), air kelapa selama ini disebut minuman olahraga alami lantaran kandungan elektrolit di dalamnya. Banyak atlet mengandalkan air kelapa sebagai minuman untuk menghidrasi tubuh.

Air kelapa juga kaya bakal kalium, natrium, magnesium, dan kalsium. Semuanya merupakan elektrolit nan krusial untuk memelihara keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga kegunaan otot, dan sinyal saraf.

Tak hanya itu, air kelapa mengandung karbohidrat, secara unik dalam corak gula seperti glukosa dan fruktosa. Meminumnya dapat menjadi sumber daya nan sigap setelah capek beraktivitas fisik.

Air kelapa mengandung antioksidan seperti vitamin C dan beragam polifenol. Fungsinya adalah menetralisir radikal bebas rawan nan ada dalam tubuh dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Antioksidan sendiri berkedudukan krusial dalam mengurangi inflamasi (peradangan), mendukung keimunan tubuh nan kuat, dan mencegah penyakit kronis.

Air lemon juga kaya khasiat

Air lemonFoto: iStock

Air lemon banyak digemari pelaku hidup sehat lantaran rasanya menyegarkan. Air lemon biasanya dijadikan infused water untuk diminum usai olahraga alias sebagai pilihan lain saat mau minum sehat dengan rasa selain air putih.

Air lemon tergolong minuman rendah kalori nan kaya vitamin C, antioksidan, dan flavonoid. Kombinasinya dapat mendukung kegunaan imun tubuh, menyehatkan kulit, dan melancarkan pencernaan.

Air lemon juga mempunyai sifat alkali, meskipun rasanya asam. Meminumnya dapat membantu menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh dan mengurangi keasaman di dalamnya.

Baca laman selanjutnya untuk tahu mana nan lebih bagus untuk hidrasi.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food