5 Garam Termahal Di Dunia, Harganya Capai Rp 2,4 Juta!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Punya keistimewaan lebih dari sekadar rasa asinnya, ada beberapa garam nan dijual dengan nilai tinggi. Per 100 gramnya dibanderol hingga Rp 2,4 juta.

Pentingnya garam dalam kehidupan manusia sampai dikutip dalam sebuah frasa. 'Bagai sayur tanpa garam' memaknai kehadiran garam sebagai pelengkap dalam segala aspek kehidupan manusia.

Ternyata beberapa jenis garam mempunyai keistimewaan nan luar biasa. Tak hanya rasa asinnya nan dicari, tapi ada beberapa jenis garam nan konon mempunyai komponen spesial di dalamnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu tempat garam tersebut dipanen juga mempengaruhi nilai jualnya. Semakin susah sebuah garam dengan karakter nan semakin unik, maka harganya juga semakin tinggi.

Baca juga: Kapok Ditagih Harga Mahal, Pria Ini Pilih Buka Toko Pizza Sendiri

Berikut ini 5 garam termahal di bumi menurut Chef's Pencil:

5 Garam Termahal di Dunia, Harganya Capai Rp 2,4 Juta!Garam ini melalui proses pemasakan 9 kali sehingga harganya dibanderol tinggi. Foto: Chef's Pencil

1. Amethyst Bamboo 9x Korean Sea Salt

Garam asal Korea Selatan ini mempunyai nilai nan mahal lantaran prosesnya nan berbeda daripada pembuatan garam biasa. Garam dengan butir nan kasar dan berwarna abu-abu ini memerlukan bambu untuk proses masaknya.

Garam nan sudah dipanen bakal dimasukkan ke dalam bambu dan ditutup dengan lilin berwarna kuning untuk dipanggang. Oven tradisional nan pembakarannya berasal dari kayu pinus bakal dipanaskan hingga 800 derajat Celcius untuk memanggang garam ini.

Proses pemanggangannya apalagi diulang sebanyak 9 kali. Tujuannya guna mendapatkan garam nan telah berubah warna menjadi pink. Garam ini dijual seharga Rp 2,4 juta per 100 gram.

2. Korean Oyster Bamboo

Garam asal Korea Selatan lainnya ada nan mempunyai warna keruh tetapi berbobot tinggi. Korean Oyster Bamboo berwarna abu keunguan lantaran melalui proses pemeraman.

Setelah garam dipanen, garam diperam selama 45 hari di dalam bambu unik nan telah disiapkan. Konon rasa asinnya berbeda dengan garam nan lain akibat proses pemeraman nan dilalui.

Kualitas garam ini dijaga dengan langkah produksinya hanya dilakukan di Korea Selatan saja. Untuk nilai jual garam nan satu ini dibanderol Rp 1,3 juta per 100 gram.

Garam termahal lainnya ada di laman berikutnya.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food