4 Cara Kembali Ke Pola Makan Sehat Usai Ramadan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Selama Ramadan pola makan kita berubah lantaran mengikuti waktu sahur dan berbuka. Setelah ini, bisa kembali ke pola makan sehat dengan langkah ini.

Setelah 30 hari berpuasa di bulan Ramadan, tibalah seremoni Idul Fitri nan mempertemukan family dan kawan dalam pesta makan berlimpah.

Namun, di kembali kelezatan semua hidangan itu, para mahir gizi mengimbau untuk memastikan transisi nan lancar dari pola makan normal setelah Ramadan untuk menghindari masalah kesehatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Memulihkan metabolisme bisa dimulai dengan mengembalikan rutinitas tidur, hidrasi, dan mengasup nutrisi krusial untuk tubuh, seperti nan dilansir dari KhaleeJ Times (01/05/22).

Berikut tips beranjak ke pola makan normal setelah Ramadan:

1. Jangan lewatkan sarapan

Pola makan sehatPola makan sehat jangan lewatkan sarapan. Foto: iStock

Setelah sebulan tanpa sarapan, tubuh perlu merekonstruksi untuk mulai makan lagi di pagi hari. Karenanya, mulailah dengan mengulangi apa nan Anda makan saat buka puasa.

Kamu bisa makan kurma dengan milkshake dan smoothie. Bisa juga makan buah-buahan berprotein tinggi. Kamu bisa pilih makanan apapun asal jangan melewatkan sarapan.

2. Makan makanan bergizi

Metabolisme kita berubah seiring dengan pola makan dan waktu asupan makanan. Aspek terpenting dalam transisi pasca Ramadan adalah keahlian memulihkan metabolisme.

Caranya adalah dengan mengatur waktu makan teratur dalam porsi nan tepat. Makanlah sarapan dan makan malam dengan menu nan menyehatkan.

Masukkan sayuran, protein tanpa lemak, hingga biji-bijian kaya serat untuk mengatasi masalah pencernaan.

Tips beranjak ke pola makan normal setelah Ramadan ada di laman selanjutnya.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food