Berbagai Resep & Cara Membuat Mi Goreng Basah Bumbu Ebi

Artikel Terkait Resep Masakan
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Assalamualaykum


Seperti biasa kalo hari Minggu saya menginginkan masak yang cepat dan praktis.
Karena kalo hari Minggu saya mesti harus setrika baju. Pekerjaaan yang paling tidak saya sukai seumur hidup saya. Beneran ini. Meski saya suka berada di dalam rumah dan mau mengerjakan pekerjaan seperti ibu rumah tangga pada umumnya, tapi khusus setrika baju saya sangat tidak suka. Panas, trus harus duduk berjam-jam sampai sampai pinggang terasa pegal. Seumur-umur saya baru ketemu satu orang yang sangat menikmati pekerjaan setrika baju ketika masih kerja di Bawen dulu. Namanya Mbak Kustini, senior saya. Dia bilang "aku tuh kalo setrika baju sambil ngadep kipas angin dan dengerin radio Rin. Jadi nggak bosen dan enjoy banget. Aku betah setrika dari siang sampai sore". Alamak...boro-boro sampai selama itu. Satu jam pun saya sudah merasa tersiksa oleh panas dan keharusan melipat baju secara rapi. Meski kalo setrika saya pake kipas angin, tetap aja setrika merupakan pekerjaan yang tidak saya sukai. Titik.

Setelah ngoceh nggak karuan berbau curcol, sekarang kita kembali ke resep ya. Resep ini sebenarnya mi goreng biasa yang sering saya bikin. Cuma modifikasi sedikit dengan menambahkan air supaya tidak kering. Awalnya sih saya sering (dulu) buatin suami mie goreng kuah. Lho ?? Mie goreng kuah tuh kayak gimana ?? Ya mi goreng instant yang diguyur kuah gitu. Jadi setelah mie direbus, dituang ke dalam mangkok berisi bumbu sekalian kuahnya. Tapi sedikit. Jadi airnya nggak ditiriskan semua gitu. Ternyata enak lho mie goreng pake kuah sedikit ini. Akhirnya setelah beberapa kali bikin saya kok kepingin bikin mie goreng sendiri tapi diberi air sedikit biar agak basah. Dan hari minggu kemarin saya bikin untuk kesekian kalinya. Alhamdulillah bisa dijepret karena biasanya sudah habis duluan. Rasanya enak banget lho karna pake ebi. Isian yang dipake suka-suka aja ya. Boleh pake wortel, kol, ayam, bakso, telur atau yang lain.


Bahan :
1 bungkus (140gr) mie telur kering
1 batang daun bawang, iris tipis
1 sdt kecap ikan
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
175 ml air
5 batang sawi, iris 2 cm
2 buah sosis, potong bulat
1 bh tomat merah, potong 6 bagian
1/4 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/8 sdt merica bubuk
bawang goreng untuk taburan

Bumbu halus :
1 sdm ebi yang sudah direndam air panas sampai empuk
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Rebus mie telur sampai matang, tiriskan dan sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus sampai wangi dan agak kering. Masukkan daun bawang, kecap ikan, saus tiram, kecap manis dan 75 ml air. Aduk-aduk sampai mendidih dan mengental.
  3. Tuangkan sisa air, sawi, sosis dan tomat. Bumbui garam, gula dan merica. Setelah mendidih koreksi rasanya.
  4. Terakhir masukkan mie yang telah direbus, aduk sampai rata dan air agak mengering. Jika air terlanjur kering boleh ditambah sedikit lagi. Matikan api. Angkat mie dan selagi panas sajikan bersama bawang goreng.




    Jangan lupa untuk menyimpan halaman website ini (bookmark) untuk mendapatkan artikel resep masakan terbaru lainnya. Salam..

    Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :