Mengenal Suan Cai, Sayur Asin Yang Jadi Isian Sup Ikan Ala China

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Sup ikan ala China nan belakangan tengah tren punya bahan utama suan cai. Jenis sayuran asin asal China itu punya kebenaran menarik. Mulai dari jenis hingga langkah membuatnya.

Jika Korea punya kimchi, maka China punya suan cai ialah fermentasi sayuran nan juga terkenal. Bedanya, suan cai tidak terasa masam seperti kimchi, tetapi condong agak asin.

Mengutip blog Reputable Sources (25/5), suan cai alias kerap disebut Chinese Sauerkraut ini terkenal di wilayah timur laut China. Suan cai jadi julukan umum untuk semua sayuran hijau nan diolah jadi acar (pickled) di sana.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Untuk membuatnya butuh garam sebagai bahan utama, tapi ada juga nan menambahkan lada Sichuan alias cabe kering. Sayuran kemudian direndam berbareng larutan air berisi bahan-bahan tersebut selama sekitar 14 hari alias sampai sayuran berwarna kekuningan dan rasanya asam.

Mengenal Suan Cai, Sayur Asin nan Jadi Isian Sup Ikan ala ChinaSuan cai melalui proses fermentasi menggunakan garam. Foto: Getty Images/Qin Ningzhen

Mengenai sayuran nan paling umum dipakai adalah Chinese cabbage alias serupa sawi putih. Suan cai pun jadi makanan nan plural dikonsumsi masyarakat China saat musim dingin.

Film dokumenter "A Bite of China" menunjukkan suan cai dibuat di desa Heilongjiang. Di sana suan cai diolah jadi makanan tradisional dengan langkah direbus berbareng daging babi alias dijadikan isian dumpling.

Di wilayah selatan China, sayuran nan dipakai untuk suan cai bukan sawi putih, melainkan mustard green nan mirip sawi hijau nan terkenal disebut sebagai sawi pahit. Di wilayah ini, suan cai berbahan sawi putih justru jarang ditemukan, tapi Muslim nan mengelola toko mie sapi kerap menjadikan suan cai sawi putih sebagai condiment mie.

Di wilayah ini pula terdapat 2 jenis suan cai nan umum ditemukan di supermarket ialah suan cai Chaoshan dan Sichuan. Biasanya suan cai ini dijual di kantong-kantong plastik bening.

Mengenal Suan Cai, Sayur Asin nan Jadi Isian Sup Ikan ala ChinaSuan cai banyak dipakai dalam olahan sup ikan China. Foto: Getty Images/Qin Ningzhen

Pada intinya, suan cai bisa diolah dari jenis sayuran berbeda. Untuk mustard greens alias sawi pahit, nan plural dipakai terbagi dalam kategori mustard greens varietas pesisir, varietas lembah sungai Yangtze, dan varietas dataran tinggi China. Ini dibedakan dari tinggi sayuran dan jumlah daunnya.

Biasanya suan cai mustard greens dijadikan olahan sup. Resep klasiknya berupa sup ikan masam Sichuan.

Selain bahan sayurannya nan bisa berbeda, penyebutan suan cai rupanya tak sama di beberapa wilayah China. Dalam bahasa Hokkien dan Teochew, suan cai disebut kiam chai. Dalam bahasa Kanton, sebutannya ham suen choy alias hum choy.

Pada sup ikan kuah asin nan sekarang terkenal di Indonesia, suan cai digunakan sebagai isian sup ikan. Penambahannya menghadirkan tekstur renyah dengan rasa masam sedikit asin pada hidangan.

(adr/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food