8 Makanan Yang Disebut Dalam Al Qur'an, Manfaatnya Luar Biasa

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Al Qur'an tak hanya membahas keesaan Allah dan tanggungjawab nan kudu dijalani muslim. Di dalamnya juga disebutkan beberapa makanan berfaedah nan dapat dikonsumsi manusia.

Mulai dari buah-buahan nan ada di surga hingga rempah nan menyehatkan terdapat dalam ayat-ayat Al Qur'an. Berikut 8 makanan dalam Al Qur'an nan mempunyai faedah kesehatan untuk manusia.

Makanan nan disebutkan dalam Al Qur'an di antaranya ialah pisang, anggur, kurma, hingga madu. Berikut faedah nan terkandung dalam beberapa makanan tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Pisang

Manfaat Pisang untuk WanitaFoto: Thinkstock

Al Qur'an menyebut secara umum mengenai buah-buahan nan dimakan oleh penunggu surga. Mengutip laman The Healthy Muslim, pisang disebutkan secara unik dalam surat Al Waqiah ayat 29.

وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ () فِي سِدْرٍ مَخْضُودٍ () وَطَلْحٍ مَنْضُودٍ () وَظِلٍّ مَمْدُودٍ
Waashhabul yamini ma ashhabul yamin. Fi sidrim makhdud. Wa thalhim mandhud. Wa dzillim mamdud.

Artinya: "Dan golongan kanan, Alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara nan tak berduri. Dan pohon pisang nan bersusun-susun (buahnya). Dan naungan nan terbentang luas."(Al waqiah 27-30)

Pisang mengandung potasium dan vitamin B6 nan baik dikonsumsi sebagai tambahan untuk sarapan alias camilan pagi. Selain itu, kandungan kaliumnya juga krusial untuk keseimbangan cairan dan kegunaan saraf serta membantu menjaga otot dan tulang bekerja dengan baik. Kandungan beberapa jenis antioksidan kuatnya seperti flavonoid dan amina punya banyak faedah kesehatan, seperti penurunan akibat penyakit jantung dan penyakit degeneratif.

2. Delima

Selain pisang, buah delima juga disebutkan di dalam Al Qur'an sebagai buah nan ada di surga. Pada ayat 68 surat Ar rahman, disebutkan dua taman surga nan di dalamya terdapat buah-buahan.


فِيْهِمَا فَاكِهَةٌ وَّنَخْلٌ وَّرُمَّانٌۚ۝٦٨

"Pada keduanya terdapat buah-buahan, kurma dan delima"

Buah delima mengandung banyak vitamin C nan krusial untuk beragam kegunaan dalam tubuh. Vitamin ini berkedudukan dalam pembentukan kolagen untuk menjaga otot, tulang, kulit, serta berkedudukan krusial dalam penyerapan unsur besi.

3. Kurma

Selain Sunnah, Ini 5 Manfaat Rutin Konsumsi KurmaFoto: Getty Images/iStockphoto/Voyagerix

Kurma menjadi tumbuhan nan paling banyak disebutkan dalam Al Qur'an. Diberitakan sebelumnya oleh CNBC Indonesia, dalam kitab Mu'jam Al-Mufahras li A;-Fahzil Qur'an, 'Abd al Baqi menjelaskan bahwa kurma disebut sebanyak 20 kali dalam 16 surat dalam Al Qur'an.

Selain disebutkan berbareng buah delima dalam surat Ar rahman, kurma juga disebut dalam surat Maryam ayat 23 dan 25. Ayat-ayat ini bercerita tentang derita dan rasa sakit nan dirasakan Maryam saat bakal melahirkan.

فَاَجَاۤءَهَا الْمَخَاضُ اِلٰى جِذْعِ النَّخْلَةِۚ قَالَتْ يٰلَيْتَنِيْ مِتُّ قَبْلَ هٰذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَّنْسِيًّا۝٢٣

"Kemudian rasa sakit bakal melahirkan memaksanya (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia (Maryam) berkata, "Wahai, alangkah (baiknya) saya meninggal sebelum ini, dan saya menjadi seorang nan tidak diperhatikan dan dilupakan."

وَهُزِّيْٓ اِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّاۖ۝٢٥

"Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu bakal menggugurkan buah kurma nan masak kepadamu."

Buah ini mengandung serat dan juga antioksidan nan tinggi. Salah satu antioksidan nan ada dalam kurma adalah phenolic acid. Zat ini bisa membantu menurunkan akibat kanker dan penyakit jantung.

Tak hanya itu, menurut studi laboratorium, kurma berfaedah dalam menurunkan penanda inflamasi seperti interleukin 6 (IL-6) di otak. Perlu diketahui bahwa tingkat IL-6 nan tinggi dikaitkan dengan akibat penyakit neurodegeneratif nan lebih tinggi, seperti Alzheimer.

4. Anggur

Makanan lainnya nan disebut dalam Al Qur'an adalah anggur. Dalam surat Al Mu'minun ayat 19. Allah berfirman:

فَاَنْشَأْنَا لَكُمْ بِهٖ جَنّٰتٍ مِّنْ نَّخِيْلٍ وَّاَعْنَابٍۘ لَكُمْ فِيْهَا فَوَاكِهُ كَثِيْرَةٌ وَّمِنْهَا تَأْكُلُوْنَۙ۝١٩

Artinya: Lalu, dengan (air) itu Kami tumbuhkan untukmu kebun-kebun kurma dan anggur. Di sana Anda mendapatkan buah-buahan nan banyak dan dari sebagiannya itu Anda makan.

Anggur sangat terkenal berkah kandungan antioksidan nan tinggi. Flavonoidnya telah terbukti berfaedah dalam menangkan kerusakan oksidatif nan menurut beberapa penelitian dikaitkan dengan sifat melawan kanker.

5. Zaitun

Buah ZaitunFoto: shutterstock

Buah oliva disebutkan sebanyak tujuh kali dalam Al qur'an. Hal tersebut menunjukkan bahwa oliva merupakan buah nan krusial dalam sejarah perkembangan Islam. Salah satu penyebutan buah oliva terdapat dalam surat Al mu'minum ayat 20.

وَشَجَرَةً تَخْرُجُ مِنْ طُوْرِ سَيْنَاۤءَ تَنْۢبُتُ بِالدُّهْنِ وَصِبْغٍ لِّلْاٰكِلِيْنَ۝٢٠

Artinya: Dan pohon kayu keluar dari Thursina (pohon zaitun), nan menghasilkan minyak, dan pemakan makanan bagi orang-orang nan makan.

Minyak oliva mengandung masam lemak tak jenuh tunggal nan tinggi, ialah sekitar 75%. Saat menggantikan lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal dari oliva membantu menurunkan kolesterol jahat.

Buah ini juga mengandung masam lemak esensial. Zat ini baik untuk kegunaan jantung dan otak, serta polifenol nan mempunyai sifat antioksidan.

6. Buah Tin

Tak hanya disebutkan dalam sebuah ayat, buah tin menjadi nama surat dalam Al Qur'an. Allah berjanji atas nama buah tin dan buah oliva dalam ayat pertama surat At tin. Dalam tradisi Islam, apapun nan namanya digunakan untuk berjanji oleh Allah mempunyai keagungan nan melekat padanya.

وَالتِّيْنِ وَالزَّيْتُوْنِۙ۝١

Artinya: "Demi buah tin dan buah zaitun."

Buah tin mempunyai kandungan serat nan tinggi nan bisa membantu menjaga kesehatan kadar gula darah dan kolesterol Magnesiumnya juga berkedudukan krusial untuk kesehatan tulang dan keseimbangan energi.

Buah tin nan kering mengandung masam lemak omega 3 dan Omega 6, fitosterol nan berkarakter kardioprotektif dan membantu meningkatkan kesehatan otak.

7. Jahe

Teh jahe nan sehatkan pencernaanFoto: Getty Images/iStockphoto/

Tak hanya buah-buahan, jahe juga disebutkan dalam Al Qur'an di surta al Insan ayat 17 nan menggambarkan surga. Ayat ini bercerita mengenai penunggu surga nan diberikan segelas minuman bercampur jahe.

وَيُسْقَوْنَ فِيْهَا كَأْسًا كَانَ مِزَاجُهَا زَنْجَبِيْلًاۚ۝١٧

"Dan di sana mereka diberi segelas minuman bercampur jahe." - QS Al Insan ayat 17.

Menurut laman Salams Says, jahe dapat membantu menyehatkan pencernaan, mengurangi mual, melawan flu, membantu menurunkan berat badan, serti mengurangi nyeri osteoartritis. Jahe juga bisa digunakan untuk mengobati eksim dan psoriasis.

8. Madu

Keistimewaan madu dijelaskan dalam Al Qur'an surat An Nahl (Lebah) di ayat 69. Disebutkan bahwa di dalam madu ada obat nan menyembuhkan manusia.

ثُمَّ كُلِى مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ فَٱسْلُكِى سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنۢ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ أَلْوَٰنُهُۥ فِيهِ شِفَآءٌ لِّلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) nan beragam warnanya, di dalamnya terdapat obat nan menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada nan demikian itu betul-betul terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang nan memikirkan."

Madu mempunyai sifat antibakteri dan antijamur. Kandungan ini dapat membunuh kuman dan jamur nan tidak diinginkan, mencegah jangkitan dan mempercepat pengobatan luka.

Madu juga kaya bakal antioksidan nan berfaedah untuk menurunkan akibat penyakit jantung. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa madu bisa mencegah gangguan ingatan hingga perawatan luka.

Itulah beberapa makanan nan disebutkan dalam Al Qur'an dengan faedah kesehatan di dalamnya. Favoritmu nan mana?

Simak Video "Fakta-fakta Makan Jengkol Bikin Ginjal Rusak, Benarkah?"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/row)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food