8 Makanan Dan Minuman Yang Menambah Imunitas Tubuh, Ada Brokoli-teh Herbal

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Makanan penambah keimunan adalah makanan nan mengandung nutrisi, antioksidan dan senyawa lain nan mendukung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh sendiri merupakan sistem pertahanan tubuh terhadap patogen, seperti bakteri, usus, dan mikroorganisme rawan lainnya.

Sehingga, mengkonsumsi asupan nan tepat dapat membantu memperkuat respon kekebalan tubuh. Lantas, apa saja makanan dan minuman penambah keimunan tubuh?

Makanan dan Minuman Penambah Imunitas Tubuh

Asupan nan masuk ke tubuh dapat memberikan akibat positif ataupun negatif bagi tubuh. Berikut di antara makanan dan minuman nan dapat menambah keimunan tubuh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Bawang Putih

Bawang putih dikenal dapat meningkatkan kegunaan kekebalan tubuh. Mengutip NDTV, perihal ini berkah kandungan allicin nan mempunyai sifat antimikroba dan membantu melawan infeksi.

Jika dikonsumsi secara teratur, bawang putih bisa membantu mengatur respon imun dan mengurangi peradangan. Bawang putih juga dapat memperlambat pengerasan arteri.

2. Brokoli

brokoliFoto: Getty Images/iStockphoto/eyewave

Brokoli kaya bakal vitamin A, C, dan E, serta merupakan sumber serat nan baik. Sayuran ini baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkah senyawa sulfur nan membantu produksi glutathione.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa glutathione dapat menyerang radikal bebas. Sehingga, antioksidan ini dapat mengurangi kerusakan pada sistem kekebalan tubuh.

3. Teh Herbal

Teh herbal mempunyai sifat antioksidan nan bisa bekerja sebagai penambah sistem kekebalan tubuh. Dalam membikin teh herbal, Anda bisa menambah rempah seperti jahe hingga kunyit.

Jahe mengandung vitamin C, magnesium, dan potasium. Manfaat kesehatan nan paling dikenal dari rempah ni ialah membantu mengatasi mual, pengaruh anti-inflamasi, dan antioksidan.

Sementara itu, kunyit bertindak sebagai anti virus. Kandungan kurkuminnya membantu mengurangi peradangan dan melawan radikal bebas.

4. Air Putih

konsumsi air putih untuk tubuhFoto: Getty Images/iStockphoto

Air putih merupakan minuman nan menyimpan banyak manfaat. Meminum air putih dengan cukup baik untuk imunitas, serta bisa membikin tubuh terhidrasi.

5. Buah Sitrus

Vitamin C dapat mencegah alias memperpendek jangkitan dengan meningkatkan kegunaan sel kekebalan tubuh. Kandungan ini bisa ditemukan di sebagian besar buah sitrus, ialah seperti

  • Jeruk
  • Lemon
  • Jeruk nipis

6. Buah-buahan Musiman

Viral di TikTok Makan Biji Pepaya Bisa Keluarkan Parasit Tubuh, Ini Kata PenelitiFoto: iStock

Buah musiman adalah buah-buahan nan tumbuh di musim tertentu. Di antara buah musiman ialah durian, pepaya, apel, pir, lengkeng, rambutan, mangga, dan lain sebagainya.

Sebab, buah musiman mengandung banyak antioksidan tinggi, seperti vitamin C, vitamin A, potasium, folat, serat dan lainnya nan berkedudukan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau kaya bakal vitamin A, C, dan K, serta unsur besi dan folat. Nutrisi-nutrisi tersebut mendukung beragam aspek kegunaan kekebalan tubuh, termasuk produksi antibodi dan menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir.

Salah satu sayuran berdaun hijau adalah bayam. Mengutip Healthline, bukan hanya kaya bakal vitamin C, bayam juga kaya bakal antioksidan dan betakaroten. Keduanya bisa meningkatkan keahlian sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

8. Brussel Sprout

brussel sproutFoto: istimewa

Brussel Sprout kaya bakal vitamin, mineral, dan serat. Kubis ini dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, kesehatan tulang dan lainnya.

Antioksidan nan dikandungnya membantu tubuh tetap sehat dengan mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Selain itu, brussel sprout juga merupakan sumber serat, potassium, dan folat nan baik.

Itulah sejumlah makanan dan minuman penambah keimunan tubuh. Selain mengkonsumsi asupan nan disebutkan, jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat seperti berolahraga dan tidur nan cukup.

Simak Video "Makan Ayam Goreng Warung Doyong, Seperti Apa Kelezatannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food