Jijik! Saking Kotornya Pabrik Nugget Kedelai Ini Bikin Mual

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Salah satu pabrik pembuatan nugget kedelai di India disorot. Bukan lantaran kelezatannya, melainkan kondisi pabrik nan kotor dan sangat jorok.

India memang dikenal dengan budaya kulinernya nan beragam serta beragam jenis makanan nan tak bisa ditemukan di negara lain. Tapi sayangnya, gambaran makanan di India sendiri cukup jelek lantaran banyak penjual makanan nan mengabaikan standar kebersihan saat mengolah makanan nan dijual.

Tak hanya penjual kaki limanya nan terkenal kurang bersih, rupanya pabrik makanan di India juga mempunyai kondisi nan serupa. Dilansir dari IndiaToday (03/05), baru-baru ini pabrik nugget kedelai alias soya chaap di India tengah di sorok.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Soya chaap sendiri merupakan makanan vegetarian nan diolah dari kedelai, kemudian dibentuk seperti nugget nan bisa dinikmati dengan langkah digoreng alias diolah ke beragam makanan. Hidangan nugget kedelai ini cukup terkenal di wilayah India Utara nan sering menjadikan makanan ini sebagai menu pembuka sampai makanan utama.

Jijik! Saking Kotornya Pabrik Nugget Kedelai Ini  Bikin MualJijik! Saking Kotornya Pabrik Nugget Kedelai Ini Bikin Mual Foto: Site News

Sayangnya pabrik nugget kedelai ini justru mengolah makanan nan semestinya sehat, menjadi makanan nan tidak terjamin kualitasnya. Dalam video nan beredar tampak pabrik ini mempunyai kondisi nan kotor apalagi tak terawat.

Hampir semua pegawai pabrik tidak menggunakan sarung tangan alias masker sesuai standar kebersihan. Selain itu limbah sisa perasan dari susu kedelai dibuang langsung ke lantai pabrik nan tetap menggunakan semen.

Tak berakhir hingga di sana proses pengentalan kedelai hannya dilapisi kain terpal tipis nan diinjak-injak dengan kaki. Proses pembentukan nugget kedelai juga dibentuk langsung tanpa sarung tangan dan pegawai tetap menggunakan sendal jepit nan kotor ke area adukan nugget.

Tentunya video pembuatan nugget soya ini membikin banyak netizen mual dan enggan mengkonsumsi soya chaap nan terkenal sehat. Selain kualitas pabrik nan tak terjamin kebersihannya, mahir gizi Dokter Sangeeta Tiwari dari Delhi, India menjelaskan bahwa makanan ini meski vegetarian tapi belum tentu sehat.

Jijik! Saking Kotornya Pabrik Nugget Kedelai Ini  Bikin MualJijik! Saking Kotornya Pabrik Nugget Kedelai Ini Bikin Mual Foto: Site News

Kacang kedelai memang mengandung protein nan tinggi serta asupa masam amino nan krusial untuk tubuh. Akan tetapi soya chaap alias nugget kedelai ini rupanya tak begitu sehat lantaran mempunyai kalori nan tinggi usai dicampur dengan tepung terigu, butter dan minyak.

"Kedelai dan soya chaap itu menggunakan sumber nan sama ialah kacang kedelai, tapi keduanya berbeda. Soya chaap itu merujuk ke makanan nan menggunakan protein kedelai. Meski bahan-bahannya pakai kedelai tapi soya chaap termasuk makanan olahan," ungkap Dokter Tiwari.

Dokter Tiwari juga menyorot kebersihan pabrik nugget kedelai nan bisa meningkatkan resiko masalah kesehatan serius.

"Meski rasa soya chaap enak, mengkonsumsi dengan porsi nan tak berlebihan bisa mengurangi pengaruh samping kesehatan," pungkas Dokter Tiwari.

Simak Video "Transmart Bakal Buka 10 Cabang 'Oishiwa', Salah Satunya di Kokas Mall"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food