Minum Kopi Campur Cangkang Telur Turunkan Kadar Asamnya, Benarkah?

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Kopi kombinasi putih dan kuning telur mungkin sudah biasa. Lantas gimana jika kopi dicampur cangkang telur? Minuman ini disebut bermanfaat, tapi apakah benar?

Di Minang, kopi dicampur telur dikenal dengan istilah kopi talua. Mencampurkan putih dan kuning telur dalam seduhan kopi dapat membikin teksturnya menjadi creamy.

Perpaduan tersebut juga dapat memberikan faedah kesehatan. Sebuah studi 2015 nan diterbitkan dalam World Cancer Research Fund International menemukan bahwa kopi kombinasi telur bisa menurunkan akibat kanker.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain putih dan kuning telur, cangkang telur pun dapat berfaedah jika dicampur ke dalam seduhan kopi, seperti nan dikutip dari myrecipes.com (03/01/19).

Berikut faktanya!

1. Manfaat kopi dicampur cangkang telur

Minum Kopi Campur Cangkang Telur Turunkan Kadar Asamnya, Benarkah?Minum Kopi Campur Cangkang Telur Turunkan Kadar Asamnya, Benarkah? Foto: iStock

Mencampurkan cangkang telur ke dalam seduhan kopi dapat mengurangi rasa masam dan pahit menjadi lebih samar. Ini cocok bagi Anda nan sensitif terhadap rasa masam kopi.

Cangkang telur mengandung kalsium karbonat, ialah senyawa basa nan bisa mengurangi kadar masam pada kopi. Mengingat bahwa kadar masam kopi merupakan aspek nan membikin kopi terasa pahit.

2. Level pH pada kopi

Manfaat cangkang telur pada racikan tersebut berangkaian dengan level pH nan ada di kisaran nomor 0-14. Level 7 merupakan tingkatan nan normal.

Di bawah nomor 7 disebut masam dan di atas nomor 7 merupakan basa. Dikutip dari Hunker, level pH pada kopi berada di nomor 5. Ketika kopi dicampur cangkang telur, maka bisa menetralkan level masam pada kopi.

Manfaat cangkang telur untuk seduhan kopi ada di laman selanjutnya.

Simak Video "Transmart Bakal Buka 10 Cabang 'Oishiwa', Salah Satunya di Kokas Mall"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food