7 Ide Olahan Kentang Untuk Diet, Enak Dan Menyehatkan

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Kentang merupakan jenis sayuran nan digemari segala kalangan usia. Sayuran kaya vitamin, mineral, dan serat ini dapat diolah menjadi beragam menu diet.

Sehat alias tidaknya menu kentang tergantung pada langkah pengolahan dan penyajiannya. Oleh lantaran itu, untuk diet sebaiknya hindari olahan kentang nan mengandung banyak krim, garam, alias mentega.
Dilansir dari laman Taste of Home, Veryvegansish dan Livestrong, berikut 7 olahan kentang nan kondusif untuk diet.

7 Ide Olahan Kentang untuk Diet

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Keripik kentang

Camilan satu ini bisa Anda coba dengan perangkat penggorengan biasa alias air fryer. Bahan-bahan nan dibutuhkan adalah kentang, minyak zaitun, sedikit garam, dan daun parsley untuk taburan (opsional).

Proses pembuatan keripik hanya memerlukan sekitar 15 menit. Untuk membuatnya, pangkas kentang tipis-tipis terlebih dulu lampau direndam dalam air untuk menghilangkan kandungan pati. Irisan kentang kemudian digoreng dan ditaburi parsley.

2. Kentang panggang oven

Alih-alih mengolah kentang dengan langkah digoreng, Anda bisa mengontrol kadar garam dan lemak dalam kentang dengan langkah dipanggang. Kentang panggang oven ini tercatat mengandung 200 kalori dan 4 gram lemak.

Untuk langkah membuatnya, pangkas kentang menjadi 12 bagian dan campurkan berbareng minyak zaitun, garam, paprika bubuk, dan bawang putih bubuk. Kemudian, panggang kentang dalam oven bersuhu 400 derajat Celcius hingga lembut.

3. Kentang panggang dan wortel

Kentang panggang dengan kadar lemak nan sedikit ditambah wortel nan kaya serat serta vitamin A dan B6 cocok dipadukan sebagai menu diet nan menyehatkan. Tak perlu waktu lama untuk menyiapkan makanan ini. Sayur kentang dan wortel nan sudah dikupas dan dipotong cukup dipanggang dalam oven.

4. Salad kentang

Menu diet selanjutnya nan lezat dan mudah dibuat adalah salad kentang. Cukup campurkan kentang dengan sayur-mayur lainnya seperti jagung, tomat, dan bawang bombay, makanan ini pun sudah siap disantap. Kamu juga bisa menambahkan minyak oliva alias yogurt sebagai dressing salad.

5. Mashed potato (kentang tumbuk)

Hidangan mashed potato nan lembut dan creamy cocok dijadikan sebagai makanan pengganti nasi untuk diet. Menurut laman Taste of Home, nutrisi dari mashed potato nan terkandung dalam 3/4 gelas adalah setara 235 kalori, 1 gram lemak, dan 6 gram protein.

6. Potato gratin dengan jagung

Potato gratin dengan jagung merupakan perpaduan nan sangat pas dimakan selagi tetap hangat. Agar rasanya lebih creamy, Anda bisa mengganti bahan krim dengan susu. Hidangan ini bakal semakin menggugah selera jika disajikan dengan taburan tepung roti nan renyah.

7. Kentang kukus

Hanya dengan mengukus kentang, Anda sudah bisa membikin menu makanan nan mengenyangkan dan kondusif dikonsumsi saat diet. Untuk meminimalisir kadar kalori, kentang kukus dapat dikombinasikan dengan sayur brokoli.

Nah, itu dia rangkuman olahan kentang untuk diet nan lezat dan mudah di buat di rumah. Jika Anda sedang diet, jangan lupa untuk selalu menjaga asupan nutrisi dan pola makan tetap teratur ya, detikers.

Simak Video "Studi China: Banyak Makan Gorengan Bisa Terkait dengan Depresi"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food