Mulai Dari Rp 70 Ribu Bisa Cicip Sup Ikan Sayur Asin Enak Di Sini

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Di Jakarta ada sup ikan sayur asin ala China nan harganya cukup terjangkau. Rasanya juga tidak perlu diragukan lantaran pemiliknya orang China asli!

Hidangan sup ikan sayur asin sedang digemari penduduk Indonesia. Tak heran jika banyak restoran China baru bermunculan dengan meyajikan hidangan unik Sichuan ini.

Beberapa orang tanpa ragu mencobanya, tetapi ada juga nan berpikir dua kali lantaran nilai per porsi sup ikan ini tidaklah murah. Rata-rata di restoran China besar dan terkenal harganya dibanderol mulai dari Rp 200.000 an.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Biasanya disebabkan oleh ikan nan berbobot baik, dagingnya melimpah, dan ada tambahan bahan-bahan premium lainnya. Satu porsinya juga besar, bisa dinikmati oleh 2 sampai 3 orang.

Namun, Anda tidak perlu cemas lantaran di Jakarta ada restoran spesial menyajikan sup ikan ala China dengan nilai lebih terjangkau. Namanya Restoran Ikan-Chi Yu Ba.

Lokasi pertamanya ada di Food Plaza PIK, tetapi sekarang mereka telah melebarkan sayap dengan membuka bagian di beberapa tempat. Salah satunya di Petak Enam, Glodok, Jakarta Barat.

Restoran ikanRestoran ikan - Chi Yu Ba salah satu cabangnya bisa ditemui di Petak Enam, Glodok. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

DetikFood menyambangi Restoran Ikan-Chi-Yu-Ba untuk menjajal langsung cita rasa sup ikan sayur asin ini.

1. Punya konsep restoran sederhana

Restoran ikanRestoran ikan punya konsep restoran sederhana tetapi interiornya memadukan warna cerah nan menyita perhatian. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Di Petak Enam, Restoran Ikan-Chi Yu Ba bisa ditemui di bagian pojok lantai 2.

Restorannya tidak begitu luas, tetapi cukup menampung kurang lebih 20 pengunjung. Bentuk restorannya sederhana tetapi perpaduan warna jingga, putih, dan merah dari tembok dan interiornya menyita perhatian.

Di setiap meja sudah ada menu-menu makanannya, sehingga pengguna bisa memilih dan memesannya langsung.

Saat kami datang pada Rabu (24/04) sekitar pukul 18.17, restorannya memang tidak begitu ramai. Hanya ada beberapa pengguna di bagian luar.

Kami pun menempati bagian dalam nan punya meja dan bangku lebih luas. Pelayanannya pun sigap dan tanggap. Sehingga, tidak perlu cemas bingung jika baru pertama kali datang lantaran pelayannya cukup informatif.

2. Varian sup ikan sayur asin nan beragam

Restoran ikanVariasi sup ikan di Restoran ikan cukup beragam, mulai dari nan original hingga nan pedas, Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Sup ikan sayur asin pada dasarnya hanya terdiri dari ikan dipadukan dengan sayur asin nan difermentasi, kemudian disajikan dengan kuah kaldu.

Namun, di restoran ini olahan suan cai yu jauh lebih beragam. Kurang lebih ada 5 menu suan cai yu original, nan ikannya memang langsung dimasak dengan kuah.

Pilihan ikannya ada dua, ialah gurame dan kerapu. Sedangkan olahan supnya ada Xiangla Sup Pedas, Tomat sup, Mala Suan Cai Yu sup, Laotan Suan Cai Yu Sup, hingga Oroginal Suan Cai Yu Sup.

Harganya tergantung jenis ikan dan kuah nan dipilih. Untuk semangkuk sup ikan nan paling terjangkau adalah menu Gurame Suan Cai Yu nya. Dibanderol seharga Rp 76.000.

Untuk olahan ikan kerapunya lebih mahal. Menu suan cai yu original kerapu dibanderol seharga Rp 120.000.

Selain sup ikan sayur asin, mereka juga menawarkan hidangan serupa tetapi ikannya digoreng terlebih dahulu. Namanya Grilled Ikan nan olahannya hanya tersedia untuk ikan gurame.

Ikan ini pun bakal disajikan dengan pilihan kuah mulai dari Mala, Kari, Garlic Black Bean, sampai Xiangla Pedas. Harganya dibanderol mulai dari Rp 80.000 saja.

Jika tidak suka ikan alias mau menu lebih bervariasi, bisa pesan olahan sapinya nan dimasak dengan kuah serupa.

Nikmatnya suan cai yu pedas hingga sup ikan grilled bisa dilihat pada laman selanjutnya!

Simak Video "Tanpa Santan! Laksa Gurih Ini Kuahnya Pakai Susu Spesial"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food