12 Manfaat Kluwek, Pengganti Msg Yang Mengandung Sianida

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Sebagai rempah, kluwek memberikan rasa nan gurih dan lezat pada masakan. Kluwek juga memberikan warna unik pada masakan, misal rawon nan berwarna hitam.

Pemanfaatan kluwek sebetulnya sudah dikenal sejak era dulu. Selain pada masakan, kluwek juga memberikan faedah lain pada kesehatan dan umur hidangan.

Manfaat Kluwek

Bagian kluwek alias pucung nan biasa dimanfaatkan adalah biji, nan dibungkus daging tebal di bagian luar. Lapisan daging dan kulit kluwek nan keras dibuka lebih dulu untuk mengeluarkan bijinya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Bahan pengawet alami

Kluwek mengandung senyawa flavonoid nan berkarakter antibakteri pada Bacillus sp, Salmonella sp, Escherichia sp. Manfaat ini diketahui dari tulisan berjudul Efektivitas Biji Kluwek (Pangium edule) Sebagai Bahan Pengawet Alami Ditinjau dari Profil Protein Udang (Panaeus sp) Berbasis SDS-Page karya Titis Pramitasari, dkk.

2. Pengganti MSG

Dikutip dari situs Goethe Institute, kluwek dapat digunakan sebagai pengganti penyedap masakan selain MSG. Kandungan masam glutamat pada biji kluwek memungkinkan makanan makin terasa gurih dan nikmat. Biji kluwek kudu direndam, direbus, lampau disimpan lebih dulu dalam tanah selama 2 hari untuk menghilangkan kandungan sianida.

3. Punya aroma khas

Sebagai ramuan masakan, biji kluwek memungkinkan makanan mempunyai aroma khas. Aroma nan seperti coklat kaya rempah ini sudah ada sebelum dimasukkan dalam masakan. Beberapa hidangan unik Indonesia nan menggunakan kluwek adalah gabus pucung, brongkos, sup konro, dan sambal picung.

Selain pada makanan, kluwek juga punya faedah lain untuk kesehatan tubuh dan aspek lainnya. Berikut penjelasan faedah kluwek:

  • Menjaga kekebalan tubuh
  • Menurunkan akibat masam urat
  • Memelihara kesehatan sistem pencernaan
  • Mencegah penyakit kardiovaskular
  • Mengatasi sindrom PMS
  • Bahan antioksidan alami
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Biji kluwek dapat menjadi pengganti insektisida alami
  • Tanaman kluwek dapat meningkatkan ketahanan ekosistem pada longsor dan erosi.

Sebagian besar faedah kluwek berasal dari biji, namun riset mengenai pemanfaatan daging dan tempurungnya mulai dilakukan. Riset ini tetap terus dilakukan sebelum disebarluaskan di masyarakat.

Simak Video "Indonesia Peringkat 6 Negara dengan Masakan Terbaik Dunia Versi Taste Atlas"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food