Ahli Gizi Sarankan Makan Serangga Dan Jeroan, Ini Sebabnya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Beberapa makanan nan dianggap asing rupanya justru dianjurkan mahir gizi untuk dikonsumsi. Lantas, apa nan membikin makanan, seperti serangga hingga jeroan perlu dimakan?

Secara umum, banyak orang memilih untuk mengonsumsi makanan nan normal-normal saja, seperti makanan dari bahan ayam, daging, alias ikan.

Namun, ada beberapa makanan nan berasal dari bahan-bahan unik dan aneh. Sebagian besar orang pun tidak begitu menyukainya. Misalnya, serangga jangkrik alias sepotong organ hati nan dipanggang alias apalagi mentah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Makanan seperti itu terlihat sangat tidak menggugah selera dan bisa membuatmu berpikir skeptis. Namun, makanan nan dianggap asing dan tidak baik ini sebenarnya mempunyai banyak manfaat.

Natalie Gillett, mahir gizi di New Jersey mengungkap, tidak ada makanan nan dianggap 'menjijjikkan'.

Menurutnya, makanan nan mungkin dianggap ngeri sebenarnya sangat dihargai di beberapa negara. Ia pun meminta agar orang-orang memberi kesempatan pada makanan nan tampaknya menjijikkan itu.

Gillett juga mengungkap, makanan nan berlendir, bau, dan kental adalah penjelasan awal makanan tersebut dianggap menjijikkan. Oleh lantaran itu, mahir gizi ini menyarankan untuk mengendalikan reflek muntah ketika memandang makanan seperti itu.

Paulina Lee, mahir diet fungsional kesehatan usus juga sependapat dengan Gillett. Bahkan, menurutnya, makanan seperti hati banyak mengandung vitamin B dan protein nan berfaedah bagi kesehatan.

Lantas, makanan 'menjijikkan' apa saja nan sebenarnya baik untuk kesehatan dan perlu dikonsumsi? Melansir foxnews.com (03/05), berikut daftarnya menurut para ahli.

1. Serangga

Serangga hingga Jeroan Dianjurkan Ahli Nutrisi Untuk DikonsumsiSerangga menjadi salah satu nan direkomendasikan lantaran dianggap mengandung nutrisi baik. Foto: iStock

Serangga mungkin terlihat menjijikan ketika dimakan. Namun, menurut Gillett, serangga adalah makanan nan kaya protein. Serangga juga mengandung masam amino esensial, vitamin, dan mineral.

Menurut Gillett, dua sendok serbuk jangkrik menyediakan sumber riboflavin, vitamin b12, dan biotin nan sangat baik.

Di Thailand, jangkrik goreng dan larva ulat sutera dinikmati sebagai camilan renyah. Sedangkan di Meksiko, ada hidangan berjulukan chapuline, berupa belalang panggang nan dibumbui.

Jika tidak bisa mengonsumsi serangga utuh, Gillett merekomendasikan untuk menggunakan serangga nan sudah menjadi bubuk. Misalnya, dengan menambah serbuk serangga ke dalam makanan nan dipanggang.

2. Jamur kuping

Jamur kuping putihJamur kuping putih juga dianggap bernutrisi oleh para ahli. Foto: Getty Images/zhudifeng

Menurut Paulina Lee, jamur tremella dianggap sebagai jamur kuping nan padat nutrisi.

Jamur ini jadi perbincangan di China lantaran dicap sebagai makanan nan berlendir dan aneh. Meskipun corak dan teksturnya tampak menjijikan, tetapi jamur ini tinggi serat dan vitamin D nan baik.

Jamur kuping juga mengandung antioksidan, vitamin B1, B2, dan B6, folat, seng, kalium, dan kalsium. Lee menambahkan, jamur tremella mempunyai sifat menghidrasi dan anti penuaan.

Biasanya jamur tremella dibeli dalam corak kering. Sebelum dimasak, jamur ini perlu direndam dalam air.

Jenis makanan unik lainnya nan disarankan mahir gizi bisa dilihat pada laman selanjutnya!

Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food