6 Sate Terenak Di Asia Tenggara, Indonesia Juara!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Sate banget familiar untuk orang Indonesia. Pun di beberapa negara Asia Tenggara dimana mereka punya jenis sate tradisional jagoan masing-masing. Ini dia 6 sate terenak di Asia Tenggara.

Sate adalah olahan daging nan ditusukkan di lidi alias bambu, kemudian dibakar sampai matang. Sate sangat plural ditemui di Indonesia mengingat di Tanah Air ini ada lebih dari 200 jenis jenis sate.

Sate rupanya tak hanya kekayaan kuliner Indonesia, tapi juga beberapa negara Asia Tenggara lain seperti Malaysia, Brunei, dan Filipina. Tentu saja racikan satenya berbeda dari di Indonesia dan spesial dengan keunikannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari sekian banyak jenis sate di Asia Tenggara, AirAsia Food menobatkan 6 sate terenak. Berikut daftarnya seperti dikutip dari IG @seasia.food (2/4/2024):

1. Sate lilit

Sate lilitFoto: iStock

Di posisi pertama ada sate lilit dari Bali, Indonesia nan disebut sebagai sate terenak di Asia Tenggara. Dinamakan 'lilit' lantaran dalam proses pembuatannya, daging cincang bakal dibelit alias direkatkan ke tusuk bambu berbentuk pipih alias sereh, baru kemudian dibakar.

Sate lilit dulu hanya terbuat dari daging babi dan ikan laut saja, tapi sekarang berkembang jenis sate lilit daging ayam alias sapi untuk mereka nan tak makan daging babi. Sate lilit punya sejarah menarik dimana dulu konon hanya dihidangkan saat upacara keagamaan saja, tapi sekarang jadi makanan harian orang Bali.

Sate lilit punya tampilan unik dengan warna kuning nan menarik selera. Ini lantaran penggunaan kunyit, ramuan basa genep, dan kelapa parut sebagai ramuan utama sate lilit. Tekstur sate ini condong lebih lembut dibanding sate Indonesia lain lantaran menggunakan daging cincang.

2. Sate Madura

10 Resep Sate Tradisional, Ada Sate Madura hingga Sate Lilit BaliFoto: iStock

Sate Madura bisa dibilang jenis sate nan paling sering ditemukan di Indonesia. Sate ini terbuat dari daging ayam nan dibakar dalam kondisi mentah menggunakan ramuan kecap.

Setelah sate ayam matang, dilumuri saus kacang gurih pekat. Pendampingnya, irisan lontong nan padat dan lembut. Ada juga pelengkap irisan bawang merah mentah alias goreng, cabe rawit, dan irisan tomat. Ini membikin cita rasa sate Madura makin kaya dan segar.

Menurut catatan sejarah, penyebutan Sate Madura bukan lantaran sate ini diciptakan di Madura melainkan lantaran identitas penjualnya nan merupakan orang Madura.

3. Sate Padang

Lamak Bana! 20 Sate Padang Sedap Berempah Ada di SiniFoto: Google Image

Selain sate Madura, sate lezat di Indonesia nan menggunakan identitas wilayah adalah sate Padang. Sate asal Sumatera Barat ini dibuat menggunakan daging sapi, lidah sapi, alias jantung sapi. Awalnya diyakini berasal dari wilayah Padang Panjang.

Secara umum ada 3 jenis sate Padang ialah sate Padang Panjang, sate Pariaman, dan sate Padang Kota. Bedanya terlihat dari warna ramuan dimana ada nan condong kuning, merah, dan cokelat. Ini lantaran penggunaan ramuan rempah nan berbeda.

Satu nan pasti, saus untuk sate Padang sama-sama kental gurih lantaran dibuat dengan rebusan tepung beras. Untuk rempah nan umum dipakai antara lain cabe merah, serai, jinten, ketumbar, jahe, lengkuas, kunyit, dan lada.

Selengkapnya di laman selanjutnya.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food