Resep dan Cara Memasak Goreng Ikan Gurame Saus Cobek

Artikel Terkait Resep Cemilan
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Masakan dan Cara Memasak dari Bunda Aisyah -
Ikan Gurame atau Gurami memang sangat terkenal lezat. Menu ikan gurame banyak ditemui di rumah makan khas sunda dalam bentuk goreng, bakar, pepes, maupun sup. Ikan gurame merupakan ikan air tawar yang banyak dibudidayakan sebagai ikan konsumsi, namun di negara Asia Selatan, jenis ikan ini juga ada yang dipelihara, atau dijadikan ikan hias.

Tak hanya di Indonesia, ikan gurame juga cukup populer di negara lainnya kawasan Asia Tenggara. Ikan yang satu ini memiliki bentuk tubuh pipih dengan besaran yang bervariasi, di rumah makan ikan gurame dihargai dengan angka yang cukup tinggi dibandingkan nila dan ikan emas, karena rasanya yang gurih dan tekstur daging ikan yang sangat lembut.

Menu gurame yang paling hits saat ini adalah gurame terbang, di mana penampilan ikannya seperti sedang terbang, dengan rasa gurih dan tekstur kering di luar dan lembut di dalam. Ada juga gurame asam manis, yang kadang ditambahkan juga dengan saus mangga.

Namun kali ini aku akan mencoba menu ikan gurame yang simpel-simpel aja, namun rasa luar biasa πŸ‘Œ kebetulan pulang mudik dapat ikan gurame dari kolam saudara, masih segar dan cukup besar. Cara masaknya cukup gampang, bumbu-bumbunya pun mudah di dapatkan. Siap-siap ya bu ibu... ini dia.....

RESEP GORENG IKAN GURAME SAUS COBEK
ala Dapur Mama Badar



Waktu Memasak: 30 menit
Porsi: 2 Orang

Bahan:
🐟 750 gr ikan gurame segar
🐟 1000 ml minyak goreng

Bumbu marinade:
🐟 3 butir bawang putih
🐟 5 cm kunyit
🐟 1 sdm garam

Bumbu saus cobek:
🐟 5 butir kemiri
🐟 5 buah cabe rawit ( atau sesuai selera)
🐟 3 cm jahe
🐟 3 cm kencur
🐟 3 butir bawang merah
🐟 50 ml air matang

Cara:
🐟Bersihkan ikan gurame, kemudian haluskan bumbu marinade untuk melumuri ikan tersebut. Setelah bumbu siap, lumuri semua permukaan ikan dan sela-sela insang, lalu diamkan ikan minimal 1 jam ( kalau aku semalaman di dalam kulkas dalam wadah tertutup ) agar bumbu meresap sempurna.
🐟 Panaskan minyak untuk menggoreng, setelah panas masukan ikan hingga terendam minyak, goreng hingga kuning kecoklatan, dan sisihkan.
🐟 siapkan saus cobek dengan menghaluskan bumbu saus cobek, sebelumya jangan lupa kemiri di sangrai dulu, serta bumbu lainnya seperti kencur, jahe, dan bawang merah di bakar, agar ke luar aromanya, setelah halus sisihkan saus cobek.
🐟 Tata ikan di atas piring saji, lalu siram di atasnya saus cobek.
🐟 Resep goreng ikan gurame saus cobek siap di sajikan


Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :